PENGGUNAAN ALAT PERAGA DUA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wa Ode Risnawati SD Negeri 1 Kotawo
  • Windra Windarsih SD Negeri 1 Kotawo

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Alat Peraga Dua Dimensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada meteri sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan alat peraga dua dimensi di kelas IV SD Negeri 1 Kotawo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan berlangsung secara pra tindakan dan prasiklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kotawo berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa, observasi siswa dan observasi pengajkar. Standar KKM mata siswaan Matematika adalah 70. Pada hasil pra tindakan persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 25%. Pada siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 83.3% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 33.3% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas Negeri 1 Kotawo secara klasikal adalah 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-01

How to Cite

Risnawati, W. O., & Windarsih, W. (2020). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DUA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 4(1), 91–97. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/4687

Issue

Section

Articles