PENGGUNAAN ALAT PERAGA DUA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Alat Peraga Dua DimensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada meteri sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan alat peraga dua dimensi di kelas IV SD Negeri 1 Kotawo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan berlangsung secara pra tindakan dan prasiklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kotawo berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa, observasi siswa dan observasi pengajkar. Standar KKM mata siswaan Matematika adalah 70. Pada hasil pra tindakan persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 25%. Pada siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 83.3% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 33.3% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas Negeri 1 Kotawo secara klasikal adalah 75%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wa Ode Risnawati, Windra Windarsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.