MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI PENGGUNAAN BAHASA (KONOTASI DAN DENOTASI) MELALUI METODE SAINTIFIK PADA TEKS PUISI

Authors

  • Masri Masri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Cecep Nuryadin STISIP Guna Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v7i1.4314

Keywords:

Membaca, Pendekatan Saintifik Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas belajar siswa  di kelas dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII.3 MTs Negeri I Baubau dengan menerapkan pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 MTs Negeri I Baubau yang terdiri dari 33 siswa yang diteliti adalah aktifitas belajjar dan hasil belajar siswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adala observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru yang langsung mengajar menggunakan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.3 MTs Negeri I Baubau. Hasil belajar siswa pada siklus II mencapai rata-rata  81,21 dari keseluruhan siswa memperolah 70 keatas. Mencapai 81,21 siswa mencapai ≥70. Maka dapat disimpulakan bahwa berdasarkan hasil tes evaluasi siswa dari siklus ke siklus menunjukan bahwa keseluruhan kegiatan proses pembelajaran pendekatan saintifik terlaksana dengan maksimal di sekolah MTs. Negeri I Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-27

Issue

Section

Articles