HUBUNGAN PEMAHAMAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIOTAPINA

Authors

  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

kosakata; pemahaman; siswa.

Abstract

Pemahaman kosakata tidak hanya membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman tetapi juga membantu meningkatkan keterampilan berbahasa, seperti berbicara dan menulis.Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan pemahaman kosakata dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siotapina? Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kemampuan pemahaman kosakata pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siotapina; (2) mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siotapina; (3) menguji ada atau tidaknya hubungan pemahaman kosakata dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siotapina. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan penulis, didapatkan bahwa sampel berdistribusi normal (variabel X dan Y) dan homogen (variabel Y). Persamaan regresi antara Y (kemampuan membaca pemahaman) terhadap X (pemahaman kosakata) dilakukan melalui uji t. Dari hasil pengolahan data diperoleh koefsien determinasinya/r2 adalah 0,8062 = 0,649. Hasil ini menggambarkan bahwa sebesar 64,9% aspek kemampuan membaca pemahaman (Y) ditentukan oleh pemahaman kosa kata (X) sedangkan 35,1% ditentukan oleh aspek lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Matje, I. (2019). HUBUNGAN PEMAHAMAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIOTAPINA. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 3(1), 10–17. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/395

Issue

Section

Articles