PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MATANAUWE KABUPATEN BUTON

Authors

  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Learning outcomes; students; playing answers

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Bermain Jawaban dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Matanauwe tahun 20018/2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri1 Matanauwe  Tahun  Pelajaran  2018/2019  terdiri  dari  27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan  dalam  dua siklus, pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Bentuk  tindakan yang diberikan adalah pembelajaran IPS menggunakan model Kooperatif  tipe  Bermain  Jawaban.  Untuk   mengetahui hasil belajar siswa, diadakan test awal sebelum tindakan dan tes pada setiap akhir pertemuan. Teknik pengumpulan data  menggunakan teknik  tes dan dtes non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif  interaktif. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 77,81% dan ketuntasan klasikal 70,37%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 86,52 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Bermain Jawaban dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Matanauwe, Kabupaten Buton ahun pelajaran 2018/2019

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Matje, I. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MATANAUWE KABUPATEN BUTON. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 2(2), 10–16. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/393

Issue

Section

Articles