PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MATANAUWE KABUPATEN BUTON
Keywords:
Learning outcomes; students; playing answersAbstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Bermain Jawaban dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Matanauwe tahun 20018/2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri1 Matanauwe Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Bentuk tindakan yang diberikan adalah pembelajaran IPS menggunakan model Kooperatif tipe Bermain Jawaban. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, diadakan test awal sebelum tindakan dan tes pada setiap akhir pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dtes non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif interaktif. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 77,81% dan ketuntasan klasikal 70,37%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 86,52 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Bermain Jawaban dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Matanauwe, Kabupaten Buton ahun pelajaran 2018/2019