PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KABUPATEN MOROWALI

Authors

  • Burhanuddin Burhanuddin STIT Al-Hady Bombana
  • Burhan Burhan STIT Al-Hady Bombana
  • Roslina Roslina STIT Al-Hady Bombana

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.3214

Keywords:

Peran, Guru PAI, Motivasi Belajar .

Abstract

Proses pembelajaran seharusnya mengarah pada hasil yang baik, namun pada kenyataannya harapan dari tujuan pendidikan itu sendiri belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti B. kontribusi siswa, proses pembelajaran, motivasi belajar, sarana dan prasarana serta staf sekolah. Dari faktor-faktor tersebut diketahui bahwa motivasi belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Motivasi belajar penting bagi siswa dan guru. Motivasi belajar penting bagi siswa, agar mereka menyadari posisinya pada awal pembelajaran, proses dan hasil akhir, menginformasikan tentang kekuatan pembelajaran, membimbing kegiatan dan meningkatkan semangat belajar. Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi pelajar peserta didik di kelas VII SMP Negeri 2 Kabupaten Morowali. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu peneliti lansung kelapangan untuk mengamati secara langsung obyek yang dijadikan penelitian dan juga berusaha mengungkap secara teoritis masalah-masalah yang ditimbukan oleh obyek penelitian. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik salah satunya adalah menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan,bahwa dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik bisa dengan memberikan penilaian kepada setiap pekerjaan peserta didik, karena dengan mengetahui nilai masing-masing, peserta didik akan lebih bersemangat lagi untuk belajar agar mendapatkan nilai yang baik bagi peserta didik yang belum mendapatkan nilai baik. Sehingga pemberian motivasi berupa nilai kepada peserta didik akan dapat meningkatkan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-13

Issue

Section

Articles