PERSEPSI GURU PAI TERHADAP PEMBERIAN PUNISHMENT DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 07 BOMBANA
Keywords:
persepsi, fenomenologis, Punishment.Abstract
Tulisan ini bertujuan Mengaji tentang persepsi guru Pendidikan agama Islam terhadap punishment dan penerapannya dalam pembelajaran di SMA Negeri 07 Bombana. Penelitian ini menggunakan pendekatan data fenomenologis dengan sifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini berupaya menelaah masalah yang bertalian dengan sebab akibat dari peristiwa yang dialami oleh orang-orang dan menelaah situasi tertentu. Data dikumpulakan melalui teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Temuan yang menjadi hasil dari peneltian ini yaitu pemberian punishment yang direalisasikan dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 07 Bombana dianggap berhasil dan sesuai dengan yang diharapkan. Bentuk punishment yang digunakan oleh dewan guru PAI SMA Negeri 07 Bombana dengan bentuk nonfisik sehingga siswa selalu memahami dan mendalami serta mengikuti peraturan dan tata aturang yang diberlakukan di sekolah SMA Negri 07 Bombana. Pandangan ini diambil dari dasar observasi yang dilakukan dalam peneltian bahwa ada iklim ketaatan terhadap tata tertib dalam lingkungan sekolah setelah punishment ini diterapkan.