PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 2 POLEANG SELATAN

Authors

  • Burhanuddin Burhanuddin STIT Al-Hady Bombana
  • Musgar Musgar STIT Al-Hady Bombana
  • Roslina Roslina STIT Al-Hady Bombana

Keywords:

Pengelolaan kelas, pendidikan agama, Poleang Selatan.

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan “kegiatan pengajaran itu sendiri yang meliputi bahan, metode, media dan diakhiri dengan evaluasi. Sedangkan manajemen kelas merupakan usaha guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi yang memungkinkan manajemen pendidikan berhasil. Oleh karena itu, guru agama Islam harus sangat ahli dalam pengelolaan kelas agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Bagaimana pengelolaan kelas pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Poleang Selatan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Kelas merupakan tempat siswa belajar, dimana sebagian besar waktu belajar formal siswa berlangsung di dalam kelas.Berdasarkan penelitian tentang strategi yang digunakan guru pengelolaan kelas untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam SMP Negeri 2 Poleang Selatan yaitu: Guru agama Islam telah mengadopsi berbagai praktik kepemimpinan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-11

How to Cite

Burhanuddin, B., Musgar, M., & Roslina, R. (2021). PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 2 POLEANG SELATAN. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 72–76. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/3206

Issue

Section

Articles