MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V-A MIN 2 BAUBAU

Authors

  • Safiuddin Safiuddin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Lisna Lisna Universitas Muhammadiyah Buton
  • Suarti Suarti Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v7i1.3204

Keywords:

Hasil Belajar, model pembelajaran, pelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tema 8 jenis usaha masyarakat Indonesia melalui melalui model pembelajaran picture and picture siswa kelas Va MIN 2 Baubau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas Va MIN 2 Baubau pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8iswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil ini untuk menujukkan terjadi peningkatan hasil belajar, yakni hasil tes siklus I ada 7 siswa yang tuntas (58%) dan tidak tuntas 5 siswa (42%). Hasil belajar siswa pada siklus II yang tuntas sebanyak 11 siswa  (92%) dan tidak tuntas ada 1 siswa (8%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Safiuddin, S., Lisna, L., & Suarti, S. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V-A MIN 2 BAUBAU. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 7(1), 18–24. https://doi.org/10.35326/jec.v7i1.3204

Issue

Section

Articles