EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI

Authors

  • Muliati Muliati STIT Al-Hady Bombana
  • Marzuki Made Ali STIT Al-Hady Bombana

Keywords:

metode diskusi, keaktifan siswa, manfaat diskusi.

Abstract

Pemakaian metode diskusi di mata pelajaran Pendidikan agama Islam pada sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bombana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat keefektifan dan pengaruh penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bombana. Data dianalisis menggunakan sudut pandang fiel rised. Selanjutnya data dikumpulkankan melalui studi literatur, wawancara, dan observasi. Hasil dari penbeltian ini menunujukkan bahwa metode diskusi yang diterapkan pada kelas XI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bombana menunjukan sudah efektif dan pengaruhnya terhadap peserta didik sangant terlihat. Siswa terlihat sangat antusias dan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Setelah meteode ini diterapkan maka siswa kelas XI Madrasah Ibtidaiyah memperlihatkan keaktifan meningkat, interaksi sesame siswa meningkat, dan nilai mereka meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-10

How to Cite

Muliati, M., & Ali, M. M. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 4(1), 75–82. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/3201

Issue

Section

Articles