IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muslim Muslim Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamasiah Kamasiah STAI YPIQ Baubau

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v7i1.3159

Keywords:

Analisis, Kesulitan, Membaca Permulaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan, faktor penyebab kesulitan membaca permulaan serta solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas III SD Negeri 99 Buton. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bentuk kesulitan membaca permulaan, faktor penyebab siswa mengalami kesulitan membaca permulaan dan solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan. Bentuk kesulitan yang dialami siswa seperti belum mengenal huruf abjad, sulit membedakan bentuk dan bunyi huruf yang sama, dan kesulitan mengeja. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan membaca permulaan yaitu kurangnya minat belajar, kurangnya motivasi belajar, rendahnya daya ingat siswa serta kurangnya dukungan keluarga. Solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan ini adalah dengan memberikan tambahan jam belajar, menyediakan buku bacaan yang dapat membantu siswa belajar membaca, menghadirkan metode pengajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa serta menyediakan media pembelajaran yang variatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Yusnan, M., Muslim, M., & Kamasiah, K. (2023). IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35326/jec.v7i1.3159

Issue

Section

Articles