PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 LAWELA KABUPATEN BUTON SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.2184Keywords:
Belajar; Matematika; Hasil Belajar; PenerapanAbstract
Proses pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 1 Lawela menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika khususnya pada materi bangun datar. Pada penelitian ini digunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi bangun datar. Lokasi penelitian ini berapa di Kabupaten Buton Selatan, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yaitu pada tindakan pada Siklus I telah diterapkan pendekatan PMR dalam pembelajaran matematika di kelas dan hasil belajar siswa meningkat tapi belum terpenuhi indikator keberhasilan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan memperhatikan refleksi pada siklus I. pada Siklus II Hasil Belajar Siswa dievaluasi dengan memberikan LKS berbentuk soal essay. Dalam setiap kegiatan pembelajaran dari Siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57,14% siswa memenuhi KKM dan pada siklus II sebesar 90,48% siswa memenuhi KKM. Kemudian aktivitas siswa dalma mengikuti PMR juga meningkat dari 56,55% pada siklus I menjadi 89,88% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa pada prasiklus 57, 25 meningikat menjadi 73,80 pada siklus I dan 87,38 pada siklus II. Dengan demikian pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 1 lawela kelas V mata pelajaran matematika materi bangun datar.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didin Adri, La Ode Muhammad Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.