UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI PERMAINAN EDUKATIF PESERTA DIDIK KELAS II SDN 24 BUTON TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Strategi Permainan EduaktifAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek membaca dengan strategi permainan edukatif di kelas II SDN 24 Buton Tahun Pelajaran 2020/2021?; (2) apakah ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek membaca dengan strategi permaianan edukatif peserta didik di kelas II SDN 24 Buton Tahun Pelajaran 2020/2021?.Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilakukan pada siswa kelas II semester II di SD Negeri 24 Buton Tahun Pelajaran 2020/2021berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Ada peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek membaca dengan strategi permainan edukatif pada aspek membaca di kelas II SDN 24 Buton Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu pada siklus I sebesar 3,0 dan pada siklus II yaitu sebesar 3,8. (2) Ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek membaca dengan strategi permaianan edukatif peserta didik di kelas II SDN 24 Buton Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan hasil analisis data dari siklus I nilai rata-rata individual yaitu 64,0 dan ketuntasan klasikal 68%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 74 dan ketuntasan klasikal yaitu 88%. Hal tersebut sudah melebihi pencapaian dari kriteria ketuntasan klasikal yang sudah ditetapkan yaitu 80%.