PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 1 BUTON KABUPATEN BUTON

Authors

  • Safiuddin Safiuddin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil belajar, Model Pembelajaran Inkuiri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran IPS materi Keragaman budaya yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model Inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Keragaman budaya yang ada di Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Buton Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan buat mahasiswa lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum diberi tindakan diperoleh nilai pra siklus siswa kelasIV SD Negeri 1 Buton Kecamatan Pasarwajo dengan taraf keberhasilan hasil pra siklus mencapai nilai <70 sebanyak 13 siswa (81,25%) dan ≥70 sebanyak 3 siswa (18,75%) dengan nilai rata-rata kelas 59,56. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 70,19 siswa yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 6 siswa (37,5%), dan <70 sebanyak 10siswa (62,5%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 76,18 siswa yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 14 siswa (87,5%) dan <70 sebanyak 2 siswa (12,5%). Dengan demikian ketuntasan belajar IPS Keragaman budaya yang ada di Indonesia terjadi peningkatan sebesar 12,5% dari siklus Ike siklus II. Dengan demikian pembelajaran IPS Keragaman budaya yang ada di Indonesia melalui penerapan model inkuiri terbukti mampu membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Safiuddin, S. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 1 BUTON KABUPATEN BUTON. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 2(2), 42–50. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/1077

Issue

Section

Articles