Strategi Digital Marketing Produk Personal Care Organik dengan Metode Sostac Pada Pt Nectars Natura Karya Di Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.35326/agribisnis.v8i2.6452Keywords:
SOSTAC, produk personal care, strategiAbstract
PT Nectars Natura Karya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri dan perdagangan kosmetik alami berbahan organik. Upaya promosi dan pemasaran yang dilakukan PT Nectars Natura Karya di media sosial dan marketplace masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi dan pemasaran yang dilakukan PT Nectars Natura Karya, serta menganalisis penerapan perencanaan pemasaran dan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan kuesioner pada Direktur, Manajer, Staf Administrasi, dan konsumen PT Nectars Natura Karya. Data sekunder diperoleh dari studi literatur dan observasi pada akun media sosial dan marketplace PT Nectars Natura Karya yang bernama Nectars.id. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis IFE dan EFE, SWOT, serta SOSTAC Plans. Hasil penelitian ini menemukan bahwa PT Nectars Natura Karya melakukan produksi secara mandiri dari pengolahan bahan baku hingga tahap distribusi, serta aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media sosial dan marketplace. Berdasarkan hasil analisis IFE dan EFE, SWOT dan SOSTAC Plans diperoleh strategi pemasaran digital yang memprioritaskan upaya peningkatan pemasaran melalui media sosial dan marketplace untuk meningkatkan penjualan secara online pada konsumen. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan intensitas unggahan konten untuk memperkuat engagement dengan konsumen, memanfaatkan fitur live streaming di media sosial dan marketplace untuk melakukan interaksi dengan konsumen dan melakukan transaksi online.
Downloads
References
Andryas, P., Pujianto, T., & Putri, S. H. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Jamu Si Nok Dengan Menggunakan Metode Sostac. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(2), 674. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jepa.2023.007.02.21
Arfianti. (2019). Pendekatan Model Public Relation PR Smith’s SOSTAC Untuk Menganalisis Sistem Perencanaan Digital Marketing PT. Valbury Asia Futures. Jurnal Komunikasi, 10(2), 132–138.
Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2017). Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 143–164.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing, And Integrating Online Marketing (6th Ed.). Routledge.
David, F. R. (2011). Strategic Management Concepts And Cases (13th Ed.). New Jersey: Prentince Hall.
Rossa, D. R., Budiarto, & Kismantoroadji, T. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadapkeputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(1), 15–25.
Sahartian, O., Ayouvi Poerna Wardhanie, & Sri Hariani Eko Wulandari. (2022). Strategi Digital Marketing Instagram Menggunakan Framework Sostac Guna Meningkatkan Omzet Consumer Goods Madu. Jsii (Jurnal Sistem Informasi), 9(2), 141–149. Https://Doi.Org/10.30656/Jsii.V9i2.5049
Styawan, W., Linda, R., & Mukarlina. (2016). Pemanfaatan Tumbuhan Sebagai Bahan Kosmetik Oleh Suku Melayu Di Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah. Protobiont, 5(2), 45–52.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.