Strategi Pengembangan Industri Kecil Penggilingan Ikan di “Penggilingan Evi Tenggiri” Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.35326/agribisnis.v8i1.5284Keywords:
EFE, Evi Tenggiri, IFE, SWOTAbstract
Tujuan penelitian yakni mengidentifikasi dan menganalisis keadaan internal dan eksternal yang memberikan dampak pada pengembangan industri kecil “Penggilingan Evi Tenggiri” serta memperoleh alternatif strategi dalam mengembangkan industri kecil ini. Hasil penelitian diperoleh faktor strategis yang paling berpengaruh dalam pengembangan usaha penggilingan ikan yaitu rencana pemasaran (kekuatan), target jumlah produksi (kelemahan), suplai bahan baku (peluang) dan musim tidak menangkap ikan (ancaman). Hasil analisis matriks IFE menggambarkan pemberian bobot dan rating menghasilkan skor kekuatan sebesar 1,58 dan skor kelemahan sebesar 1,23. Poin tersebut menunjukkan bahwa faktor kekuatan memiliki tingkat signifikansi yang lebih tinggi daripada faktor kelemahan. Sementara itu, pada faktor eksternal, skor peluang sebesar 1,47 dan skor ancaman sebesar 1,28 mengindikasikan faktor peluang yang dimiliki oleh usaha ini memiliki dampak yang lebih besar daripada faktor ancaman. Pertimbangan ini menempatkan alternatif strategi pengembangan usaha dalam kuadran I, sehingga strategi yang relevan untuk diadopsi adalah Strategi SO (Strengths-Opportunities). "Penggilingan Evi Tenggiri" dapat memaksimalkan bahan baku yang memadai untuk memanfaatkan peluang, hubungan kerja sama yang kuat dengan konsumen, penyedia bahan baku, dan pemerintah selain itu juga dapat meningkatkan rencana pemasaran dengan melancarkan promosi melalui berbagai media untuk meningkatkan daya saing dan penguasaan pasar, serta memaksimalkan saluran distribusi yang lebih luas.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2019). Produksi dan Nilai Produksi Perikanan Tangkap menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Penangkapan di Provinsi Bengkulu. Bengkulu.
Bismala, L. (2017). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383
Budiarto, S. (2013). Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co di Kandatel Jakarta. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 3(1), 13–24.
Gitosudarso, I. (2001). Manajemen Strategi. Yogyakarta: BPFE.
Gusriani, I., Koto, H., Uker, D., & Sinaga, R. S. (2023). Analisis Kepuasan Konsumen menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) pada Industri Sirop Kalamansi “Segar Asri” Kota Bengkulu. Agribest, 7, 120–128.
Hilary, D., & Wibowo, I. (2021). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pt. Menjangan Sakti. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v9i1.518
Husain, F., & Hutar, A. N. R. (2021). Analisis Faktor Kegagalan Wirausaha (Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Riset Ekonomi, 17(1), 52–61.
Istiqomah & Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Bisnis dan Manajemen Islam, 5(2), 363–382. https://doi.org/10.1007/978-3-319-68198-6_3
Novia, C., Saiful, S., & Utomo, D. (2021). Analisis SWOT peningkatan daya saing pada UKM keripik nangka di Kabupaten Malang. Teknologi Pangan : Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.35891/tp.v12i1.2460
Rintan, S. (2019). Menelusuri Penyebab Lambannya Perkembangan UMKM Di Desa Baru Dan Dusun Tuntungan Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kewiraushaan, 5(1), 8.
Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707
Siswanti, T. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 5(2), 61–76. https://doi.org/10.35968/jbau.v5i2.430
Suartawan, I. komang, & Purbadharmaja, I. B. (2017). Pengaruh Modal Dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Melalui Produksi Pengrajin Patung Kayu Di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. EP Unud, 6(9), 1628–1657.
Sukaatmadja, Gde, I. P., Nyoman, N., Yasa, K., & Rahyuda, H. (2014). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengentaskan Kemiskinan Di Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 121–129.
Yaqin, M. A., Hadi, M., & Wahyudi, W. (2019). Optimasi Penjadwalan Produksi Untuk Meningkatkan Keuntungan Pada Permainan Hayday. Prosiding SENIATI, (February), 30–35. Diambil dari https://ejournal.itn.ac.id/index.php/seniati/article/view/1141%0Ahttps://ejournal.itn.ac.id/index.php/seniati/article/download/1141/1027