Analisis Strategi Pemasaran Buah-Buahan (Studi Kasus Foodmart Supermarket Ambon Plaza)
DOI:
https://doi.org/10.35326/agribisnis.v8i1.5160Keywords:
Strategi, Pemasaran, Buah, Produk, PromosiAbstract
Memanfaatkan hasil pertanian yang melimpah membuka peluang untuk tiap pengusaha lokal dalam berbisnis. Matriks IFE menganalisis kelemahan dan kekuatan perusahaan, disisi lain matriks EFE menganalisis lingkungan eksternal guna mengetahui beragam kemungkinan peluang dan ancaman. Perusahaan mengklasifikasikan kekuatan atau kelemahan dan ancaman atau peluang dengan pembobotan. Penentuan bobot dilaksanakan dengan menyampaikan faktor-faktor strategis internal dan eksternal pada manajemen ataupun pakar dengan mempergunakan metode “Paired Comparison”. Penerapan strategi pemasaran buah-buahan di Foodmart Supermarket Ambon Plaza meliputi strategi pemasaran 4P. Strategi produk diterapkan dengan kualitas produk dan ketersediaan produk. Strategi lokasi dilaksanakan dengan memastikan ketersediaan jumlah produk sesuai kebutuhan konsumen, menempatkan gedung dan counter penjualan di lokasi yang strategis. Disisi lain guna strategi promosi, kegiatan yang dilaksanakan perusahaan mempergunakan sejumlah metode promosi misalnya promosi katalog, promosi surat kabar, dan promosi di dalam toko.
Downloads
References
Agnes Manuhutu, M., Arteurt Merung, Y., Hasbi, I., Enas, U., Gede Satriawan, D., Lasmono, S., … Mahmud, A. (2020). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Sebuah strategi, perencanaan dan pengembangan) (1st ed.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. Retrieved from www.penerbitwidina.com
Armstrong, G. M., & Kotler, P. (2007). Marketing an Introduction (8th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Borza, S. I., & Borza, I. C. (2014). A Broad Analysis of Marketing Strategies for their Incorporation as Activities in a User Centred Process. Procedia Economics and Finance, 16. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(14)00797-7
Ferrel, O, C & Harline, D. (2005). Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.
Hamid, L. A. M., Kembauw, E., Hasan, M., Arifudin, O., Yulistiyono, A., Maulina, D., … Nugroho, L. (2021). SISTEM EKONOMI INDONESIA (1st ed.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. Retrieved from www.penerbitwidina.com
Keppi, S. (2015). Gender dan Kemiskinan di Indonesia. In S. Keppi (Ed.), Gender dan Kemiskinan di Indonesia (1st ed.). UB PRESS.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga.
Muniarty, P., Surya Abbas, D., Fatira, M. A., Sugiri, D., Nurfadilah, D., Moridu, I., … Rismawati, N. (2020). MANAJEMEN PERBANKAN (1st ed.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. Retrieved from www.penerbitwidina.com
Pahlevi, F. S. (2021). KEADILAN HUKUM SEKTOR PERTANIAN SEBAGAI SOLUSI MENGHADAPI KRISIS PETANI DI INDONESIA.
Philip, K. (2007). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. In PT. Prehallindo. Jakarta.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/_/0DTwzwEACAAJ?hl=en&kptab=overview
Rangkuti, F. (2018). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT : Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=UHV8Z2SE57EC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Sitepu, R. K.-K. (2002). Dampak Kebijakan Ekonomi dan Liberalisasi Perdagangan Terhadap Penawaran dan Permintsan Beras di Indonesia. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/7720
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, H., Arifin, Z., & Dimas, S. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 29(1). Retrieved from www.depkop.go.id.