Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Buah Segar (Studi Kasus Pedagang Buah Pada Pasar Mardika Di Kota Ambon)
DOI:
https://doi.org/10.35326/agribisnis.v8i1.5154Keywords:
Kepuasan, Konsumen, Buah segar, Pasar Mardika, AmbonAbstract
Buah – buahan ialah salah satu komoditi hortikultura yang mempunyai perkembangan yang baik dan pangsa pasar yang luas. Disamping itu, peranan lembaga pemasaran dalam hal ini bukan hanya sebagai pendistribusi buah saja, melainkan untuk tetap menjaga kualitas buah yang dipasarkan agar diterima dalam keadaan baik sampai pada konsumen. Penelitian ini bermaksud guna menganalisis tingkat kepuasan konsumen dan keterkaitan konsumen terhadap pembelian produk buah segar di Pasar Mardika Kota Ambon dengan menggunakan 7 elemen bauran pemasaran yakni price, product, process, place, people, promotion, physical evidence (7P). Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Mardika, Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Hasil dari penelitian ialah rata-rata penilaian tingkat kepuasan konsumen terhadap buah segar yaitu baik. Dengan itu, dari 7P bauran pemasaran, bauran produk ialah bauran yang dinilai konsumen begitu memuaskan dari semua bauran yang ada dan ketertarikan konsumen terhadap buah segar dinilai baik dengan rata – rata konsumen yang membeli akan berminat untuk membeli kembali buah yang dijual pedagang buah di Pasar Mardika Kota Ambon.
Downloads
References
Damanik, I. P. N., Tahitu, M. E., & Kembauw, E. (2023). Analysis Of Farmer’s Group Functions In The Adoption Process Of Superior Seed Innovation In Waimital Village, Kairatu District. International Journal Of Multidisciplinary Sciences And Arts, 1(2), 140–146. Https://Doi.Org/10.47709/Ijmdsa.V1i2.2017
Gitosudarmo. (2002). Manajemen Pemasaran (1st Ed.).
Heliyani, Setiati, S., Suhaeti, L., Anggraeni, F., Rachmani, I. D., & Ramdhan, Z. (2010). Panduan Gema Sayuran (Gerakan Makan Sayuran). Direktorat Budidaya Tanaman Sayuran Dan Biofarmaka. Https://Repository.Pertanian.Go.Id/Items/D50ad3ec-F785-47fc-Bca7-Aae8d82ec4dd
Hermanto, C. (2013). Keragaman Dan Kekayaan Buah Tropika Nusantara. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, 2013. Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Keragaman_Dan_Kekayaan_Buah_Tropika_Nusa.Html?Id=Jf-Kaqaacaaj&Redir_Esc=Y
Kembauw, E., Safitri, S. L., & Damanik, I. P. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Mesin Rice Transplanter Terhadap Efisiensi Waktu Dan Biaya Pada Petani Sawah Di Desa Debowae Kabupaten Buru. Owner, 6(3), 3200–3206. Https://Doi.Org/10.33395/Owner.V6i3.1034
Kembauw, E., Sahusilawane, A. M., & Sinay, L. J. (2015). Sektor Pertanian Merupakan Sektor Unggulan Terhadap Pembangunan Ekonomi Provinsi Maluku. Agriekonomika, 4(2), 210–220. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21107/Agriekonomika.V4i2.975
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (1st Ed.). Mitra Wacana Media.
Nabati, F. . (2018). Pengetahuan Bahan I : Sayur-Sayuran, Buah-Buahan, Kacang-Kacangan, Serealia, Dan Umbi-Umbian. Universitas Lampung. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/9850/
Paley, W. B., Kembauw, E., & Tuhumury, M. T. F. (2021). Strategi Pengembangan Agroindustri Kelapa Ud Wootay Coconut Di Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah. Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan, 9(1), 21–31. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30598/Agrilan.V9i1.1016
Rizky, A. M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Perkebunan Nuasantara Xiv (Persero) Pg Camming [Universitas Muhammadiyah Makassar]. Https://Digilib.Unismuh.Ac.Id/Dokumen/Detail/11055/
Silviana. (2012). Penerapan Strategi Pemasaran Marketing Mix: Studi Kasus Pada Pt. Batik Danar Hadi. Widya Teknika, 20(1).
Siripipatthanakul, S., & Chana, P. (2021). Service Marketing Mix (7ps) And Patient Satisfaction In Clinics: A Review Article. International Journal Of Trend In Scientific Research And Development (Ijtsrd), 5(5).
Soegijono, S. P., & Kembauw, E. (2021). Sustainable Development Of Papalele’s Household From Environmental Issue. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 755(1). Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/755/1/012026
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Metode Penelitian.
Suripatty, M. P., & Tantoly, M. (2019). Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah – Buahan Di Pasar Mardika Kota Ambon Consumer Decision In Buying Fruits In Mardika Market Ambon City Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan. 7(3), 299–314.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran - Prinsip, Penerapan Dan Penelitian. In Yogyakarta: Andi Offset.