Pengaruh Kapasitas Literasi Digital Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM yang Teregristrasi di Platform Kakrg.Id
DOI:
https://doi.org/10.35326/agribisnis.v7i2.4343Keywords:
Literasi Digital, Kinerja UMKMAbstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk: 1) Mengetahui Kapasitas Literasi Digital Terhadap Kinerja UMKM Yang Teregristrasi di Platform KAKRG.Id.2) Bagaimana Dampak Literasi Digital Terhadap Kinerja UMKM Yang Teregristrasi di Platform KAKRG.Id. Metode pengambilan sampel yang dipilih adalah sampel sensus. Sampel sensus adalah penggunaan seluruh populasi tanpa harus menarik sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kapasitas literasi digital yang dimiliki oleh pelaku UMKM KAKRG.Id berdasarkan hasil analisis deskriptif bisa dilihat bahwa pernyataan jika responden melakukan evaluasi terlebih dahulu dan menentukan metode transaksi pembayaran terhadap berbagai pilihan metode transaksi lainnya sehingga kebanyakan menyatakan setuju terhadap Evaluasi Konten Informasi. Hal ini terbukti secara menyeluruh dengan nilai 64,7% yang termasuk dalam kategori baik. Dampak literasi digital terhadap kinerja UMKM yang teregristrasi di platform KAKRG.Id meliputi tingkat penjualan produk, minim penggunaan literasi digital, serta kurangnya pengembangan produk baru.
Downloads
References
Ariwibawa, D. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1–13.
Dermawan, dan Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdajara Offset.
Endiana, I. M., & Sudiartana, I. M. (2016). Pengaruh Pemahaman dan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individu dan Kinerja UKM Pengrajin Perak.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hague, C. and Payton, S. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum. Bristol: Futurelab.
Imbayani,I Gusti Ayu Dan I Dewa Made Endiana. (2016).PengaruhPemahaman Dan Penerapan Sistem Informasi Terhadap Kinerja UMK Pengrajin Genteng Di KabupatenTabanan; Denpasar. Universitas Mahasaraswati. JurnalIlmu Manajemen Mahasaraswati.
Kurnianingsih, I. Rosini, dan Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jakarta: Universitas Yarsi Jakarta.
Mwakesi, I. W. (2013). Pengaruh Elektronik Perdagangan Terhadap Kinerja Keuangan. Studi Kasus Saluran Udara Kenya. Wangari Maathai Institute.
Nurhadi. (2015). Anteseden Penggunaan E-Commerce: Pengaruhnya Terhadap Manajemen Pengetahuan Dan Kinerja Organisasi (Studi Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Pratono, A. Hery. (2018). Ekonomi Perilaku Usaha Kecil. Teori Kewirausahaan, Konsep Perilaku, dan Agenda Penelitian. Yokyakarta: Graha Ilmu.
R, B. R., & Pritasari, O. K. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Terhadap Produk Nurayya Sampo Dandruff Tanpa Kandungan Sls. Jurnal Tata Rias, 9(2).
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi pengembangan UKM digital dalam menghadapi era pasar bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.
Tulus, T. (2009). UMKM DI INDONESIA. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wangari, W Irene. (2013). Pengaruh Elektronik Perdagangan Terhadap Kinerja Keuangan. Studi Kasus Saluran Udara Kenya. Universitas Nairobi.