Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Beras Organik “Mentik Susu” di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sidan
DOI:
https://doi.org/10.35326/agribisnis.v7i2.3815Keywords:
Organic Rice, Mentik Susu, Bumdes, Sidan VillageAbstract
Gaya hidup masyarakat saat ini dalam memenuhi kebutuhan gizi, protein dan karbohidrat yaitu melalui produk-produk organic. Salah satu produk organic yang diminati yaitu beras organij dengan jenis “Mentik Susu”. Bumdes Sidan merupakan salah satu badab usage yang menjual beras organik “Mentik Susu” di Bali. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dan faktor apa saja yang berpengaruh pada keputusan konsumen untuk membeli beras “ Mentik Susu”. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripstif kuantitaif dan logistic biner dengan variable yang digunakan yaitu bauran pemasaran 7P. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa factor harga mempengaruhi pemebelian beras.
Downloads
References
Aliansi Organik Indonesia [AOI]. 2015. “Statistik Pertanian Organik Indonesia 2011.”
Arya, K., P. Chaudhary, S. Pandit, and G. Sharma. 2015. “Consumers’ Willingness to Pay for Organic Products: A Case From Kathmandu Valley.” The Journal of Agriculture and Environment 15–26.
Aryani, and Rosinta. 2010. “Poster: Forsythiaside Inhibits the Avian Infectious Bronchitis Virus in Cell Culture (Proceedings: The Third Academic Conference of Asian Society of Traditional Veterinary Medicine.” The 46th Scientific Conference of Japanese Society of Traditional.
David, Wahyudi, and Ardiansyah. 2017. “Perceptions of Young Consumers Toward Organic Food in Indonesia.” International Journal of Agricultural Resources, Governance and Ecology 13(4):315–24.
Edy, R. A. S. 2006. “Penilaian Konsumen Terhadap Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan PT. Courts Indonesia Tbk Dalam Memilih Site Toko .” Universitas Udayana, Denpasar .
Fadhilah, Muhammad Dzaki. 2021. “Analisis Pengaruh Product, Price, Place, Dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI)).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 10(1).
Ildrakasih, Nurul, Diana Chalil, and Sri Fajar Ayu. 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Beras Organik (Studi Kasus: Jappsa, Brastagi Supermarket Dan Carrefour Plaza Medan Fair).” Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics 2(5):15066.
Imam, Ghozali. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 68.
Imama, Rosya Noer. 2013. “Pengaruh Sosial Dan Budaya Serta Pribadi Dan Psikologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kabupaten Jember.”
Kotler, and Amstrong. 2004. Prinsip Prinsip Pemasaran. Vol. 1. 8th ed. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Vol. 1. 8th ed. Jakarta: Erlangga.
Kuryaningsih, Maniek, and Dwi. 2008. “Inovasi Teknologi Budidaya Padi Organik Menuju Pembangunan Pertanian Yang Berkelanjutan.” Yogyakarta.
Lin, Yun-Tsan, Shui-Chuan Chen, and Chuan-Sheng Hung. 2011. “The Impacts of Brand Equity, Brand Attachment, Product Involvement and Repurchase Intention on Bicycle Users.” African Journal of Business Management 5(14):5910–19.
Mowen, J. C. 2009. “Consumer Behavior. Macmillan Publishing Company. Newyork. Nurgiyantoro. B. 2010.”
Multifiah, Titik. 2002. “Perilaku Konsumen, Sebuah Pengantar.” Malang (ID): PPS Universitas Brawijaya.
Napitupulu. 2004. “Pelayanan Publik Dan Customer Satisfaction.”
Nawawi, and Martini Hardari. 1991. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia .
Pemerintah Kabupaten Gianyar. 2022. “Inovasi Puspa Aman Kabupaten Gianyar Dikunjungi Buapati Labuhanbatu Utara.” Retrieved January 23, 2023 (https://www.gianyarkab.go.id/berita/detail/7045).
Peter, J. Paul, and Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Vol. 2. 4th ed. Jakarta : Erlangga.
Prabowo. 1996. Memahami Penelitian Kualitatif . Yogyakarta : Andi Offset .
Purwaningsih, Betty. 2009. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Perilaku Konsumen Beras Organik (Studi Eksploratif Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Perilaku Konsumen Beras Organik Di Surakarta).” UNS (Sebelas Maret University), Surakarta.
Rahayuningsih, Pratiwi, Kusriani Prasetyowati, S. Suswadi, and M. Mahananto. 2016. “Analisis Permintaan Beras Organik Di Kabupaten Boyolali.” Jurnal Ilmiah Agrineca 16(2).
Setiadi, and J. Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen. Revisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group .
Sobeih, Karina L., Mark Baron, and Jose Gonzalez-Rodriguez. 2008. “Recent Trends and Developments in Pyrolysis–Gas Chromatography.” Journal of Chromatography A 1186(1–2):51–66.
Sugiarto, D. Siagian, L. T. Sunaryanto, and D. S. Oetomo. 2003. “Teknik Sampling.” Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta .
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. 2011. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan.” Pangsa Pasar, Cetakan Keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Syukur, M., and M. Melati. 2016. Perkembangan Pertanian Organik Di Indonesia. Bogor: IPB Press.
Tjiptono, and Fandy. 2008. Strategi Pemasaran . 3rd ed. Yogyakarta: ANDI