Sikap Peternak Ayam Petelur terhadap Kredit Program pada Lembaga Pembiayaan Formal di Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa

Authors

  • Aslina Asnawi Universitas Hasanuddin
  • A. Nurul Izzah Hirdan Universitas Hasanuddin
  • Astrid A. Bakri Universitas Hasanuddin
  • Sitti Asika Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i2.2841

Keywords:

Kredit Program, Pembiayaan, Sikap, Usaha Peternakan Ayam Petelur

Abstract

Salah satu kendala bagi peternak adalah kepemilikan modal yang rendah, bahkan saat beternak ayam petelur. Kepemilikan modal yang rendah salah satunya ditentukan oleh aksesiblitas pembiayaan terhadap lembaga formal.  Namun, tidak semua peternak memiliki akses pembiayaan ke pembiayaan formal. Hal ini disebabkan karena belum layak untuk dibiayai namun tidak jarang pula peternak belum mau memanfaatkan kredit yang disediakan oleh perbankan. Hal ini tentu tergantung pada sikap peternak terhadap lembaga pembiayaan tersebut. Sikap yang positif tentu akan mempengaruhi keputusan pembiayaan untuk memilih bank sebagai alternatif sumber pembiayaan. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis sikap peternak ayam petelur terhadap kredit pada lembaga pembiayaan formal di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat penelitian dengan pengamatan langsung terhadap keadaan usaha peternakan ayam petelur. Sebanyak 25 orang peternak diperoleh sebagai sampel penelitian (sampel jenuh) dari beberapa peternak lebih dari 1000 ekor di wilayah Manuju. Ada tiga dimensi pembentuk sikap yang akan diteliti yaitu aspek pengetahuan (kognitf), afektif dan konatif/psikomotoriknya. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 86,98 persen peternak sangat setuju dengan program pinjaman dari lembaga keuangan resmi. Keberadaan kredit program pada lembaga pembiayaan formal dikatakan dapat memudahkan peternak dalam menjalankan usaha peternakan yang dijalankan. Dari beberapa segi yaitu adanya peningkatan pendapatan, pertumbuhan modal dan peningkatan skala usaha yang dialami oleh peternak mandiri sejak menggunakan kredit program.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdesamed, K. H., & Wahab, K. A. (2012). Do experience, education and business plan influence SMEs start-up bank loan? the case of Libya. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(12).

Abdi, M., Suhartina, S., Said, N. S., & Ali, N. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Peternakan Ayam Ras Petelur Di Dusun Passau Timur Desa Bukit Samang Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian, 3(1). Retrieved from https://doi.org/10.35329/agrovital.v3i1.216

Akram, N., Ul Haq Padda, I., & Khan, M. (2008). The long term impact of health on economic growth in Pakistan. In Pakistan Development Review (Vol. 47). Retrieved from https://doi.org/10.30541/v47i4iipp.487-500

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Cipta.

Asnawi, A. (2013). Determinant of Funding Accessibility and its Impacts to the Performance of Beef-Cow Breeding Enterprises in South Sulawesi Province, Indonesia. European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN (Vol. 5). Retrieved from www.iiste.org

Azwar, S. (2011). Sikap Manusia. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian (1 (Cetakan XVII)). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anggraini, D., & Nasution, S. H. (2013). Peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan UMKM Di Kota Medan (Studi Kasus Bank BRI). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(3).

Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa. (2021). Populasi Ayam Petelur pada tahun 2019 dan 2020. Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Fadlia, A. (2019). Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat (Kur) Bank Rakyat Indonesia Unit Kanrung Cabang Sinjai terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Tesis Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Hawkins, D. l, Mothersbaugh, D. L., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer behavior : building marketing strategy. y McGraw-Hill Education (Vol. 51).

Hussain Anwar and Qayyum khan, A. (2011). Relationship between Agriculture and GDP Growth Rates in Pakistan: An Econometric Analysis (1961-2007). Academic Research International, 1(2).

Jack, R., Huang, Y., Sun, J. M. (James), & Guo, F. (2019). Internationalisation of Chinese banks and financial institutions and its implications for IHRM. International Journal of Human Resource Management. Retrieved from https://doi.org/10.1080/09585192.2019.1598037

Mahmudah, H. (2015). Analisis Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat (Kur) BRI Unit Laren terhadap Peningkatan Keuntungan Usaha Mikro (Kecil) di Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. JURNAL EKBIS, 13(1). Retrieved from https://doi.org/10.30736/ekbis.v13i1.116

Ma’rifat, T. N., Ismoyowati, D., & Wikarta, J. M. (2015). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Ayam Bersertifikat Halal di Provinsi D.I Yogyakarta. Prosiding Seminar Agroindustri Dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI, (September).

Muhammad Ikmal Fauzi, Y. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik Po Sayur Organik Merbabu (Studi Kasus Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 4(4).

Rasmini, M. (2016). Analisis Program Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pada PT. Bank BRI. Semantic Scholar.

Rosmiati, M. (2012). Pengaruh Kredit terhadap Perilaku Ekonomi Rumah Tangga Petani Padi Sawah: Aplikasi Model Ekonomi Rumah Tangga Usaha Tani. Jurnal Manajemen Teknologi, 11(2), 208–224.

Sari, K. I., Ridwan Tikollah, M., & Hasyim, S. H. (2017). Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Baraka Terhadap Pendapatan Petani Bawang Merah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Eprints-UPT Perpustakaan UNM.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer behaviour: Global edition. Pearson Higher Education, London, 12(2).

Sejati, W. K. (2016). Analisis Kelembagaan Rantai Pasok Telur Ayam Ras Peternakan Rakyat di Jawa Barat. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(2). Retrieved from https://doi.org/10.21082/akp.v9n2.2011.183-198

Singh, I., Squire, L., L., & Strauss, J. (1986). The Basic Model: Theory, Empirical Result and Policy Conclusion. Agricultural Household Models. The John Hopkins University Press, Baltimore.ISBN :0-8018-3149-0.

Soumokil, M. S. (2019). Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat (Kur) terhadap Perkembangan Umkm Di Kota Jayapura (Studi Kasus Pada Bank Papua Kantor Cabang Utama Jayapura). Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 1(1). Retrieved from https://doi.org/10.53489/jis.v1i1.8

Tjandra, E. A., & Tjandra, S. R. (2013). Hubungan antara komponen kognitif, komponen afektif dan komponen perilaku terhadap sikap konsumen memanfaatkan teknologi internet. Jurnal Manajemen, 17(1).

Widihastuti, R., & Huda, H. M. (2019). Aksesibilitas Lembaga Pembiayaan Formal untuk Pelaku Usaha Mikro Pengolahan Ikan di Kabupaten Gresik. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 14(2). Retrieved from https://doi.org/10.15578/jsekp.v14i2.7932

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Asnawi, A., Hirdan, A. N. I., Bakri, A. A., & Asika, S. (2022). Sikap Peternak Ayam Petelur terhadap Kredit Program pada Lembaga Pembiayaan Formal di Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa. Media Agribisnis, 6(2), 223–233. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i2.2841

Issue

Section

Articles