Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Mengonsumsi Produk Rempah (Jamu) pasca Pandemi

Authors

  • Melyana Febryantari Wardana Universitas Islam Malang
  • Titis Surya Maha Rianti Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i2.2768

Keywords:

Keputusan Konsumsi, Faktor Konsumsi, Produk Rempah (Jamu), Pasca Pandemi

Abstract

Produk rempah (jamu) dinilai mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena khasiatnya. Hal ini menyebabkan permintaan obat herbal meningkat di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam mengonsumsi produk rempah pasca pandemi. Peneliti melakukan penelitian di kota Malang. Sampel yang dipilih menggunakan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Jenis data ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Kuesioner dinilai menggunakan skor likert kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh, nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 88,5%, maka semua variabel dapat menjelaskan pengaruh terhadap keputusan konsumsi pada produk rempah. Faktor yang berpengaruh signifikan antara lain pendapatan (x1), kelas sosial (x3), motivasi (x5), lokasi (x8), waktu (x9), aroma (x12), tekstur (x13), dan harga (x14), sedangkan faktor yang tidak berpengaruh signifikan antara lain variabel pekerjaan (x2), tradisi (x4), persepsi (x6), kesehatan (x7), bentuk (x10), dan rasa (x11). Mengetahui faktor-faktor tersebut akan menghasilkan rekomendasi bagi produsen untuk meningkatkan penjualannya, terutama dalam menerapkan strategi pemasaran produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, H. N. (2021). Consuming Jamu as Local Wisdom to Fight for Covid-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Humanities and Cultural Studies, 8(3), 127–137.

Badan Litbang Kesehatan. (2010). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar 2010. Badan Litbang Kesehatan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2010). Indonesian Ministry of Health. http://labdata.litbang.depkes.go.id

Dharma, N. M. P. A., Khoiriyah, N., & Rianti, T. S. M. (2021). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Beras Organik di Kota Malang. SEAGRI: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis.

Elfariyanti, Maifera, Fauziah, & Hardiana. (2020). Gambaran Masyarakat dalam Mengonsumsi Obat Herbal dan Obat Kimia di Desa Paya Seumantok Aceh Jaya. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan, 1185–1195.

Habriyanto. (2019). Studi Kualitatif Pola Konsumsi Masyarakat Kota Jambi pada Bulan Ramadhan berdasarkan Faktor Sosial. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 123–128. http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.71

Hakim, L. (2015). Rempah dan Herba Kebun-Pekarangan Rumah Masyarakat: Keragaman Sumber Fitofarmaka dan Wisata Kesehatan-Kebugaran. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Harmayani, E., Anal, A. K., Wichienchot, S., Bhat, R., Gardjito, M., Santoso, U., Siripongvutikom, S., Purpaatavanong, J., & Payyappallimana, U. (2019). Healthy Food Traditions of Asia: Exploratory Case Studies from Indonesia, Thailand, Malaysia, and Nepal. Journal of Ethnic Fooda, 6(1), 1–18. https://doi.org/https;//doi.org/10.1186/s42779-019-0002-x

Harsita, P., & Amam, A. (2019). Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Olahan Singkong. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 3(1), 19–27.

Hartanti, D., Dhiani, B. A., Charisma, S. L., & Wahyuningrum, R. (2020). The Potential Roles of Jamu for COVID-19: A Learn form the Traditional Chinese Medicine. Pharmaceutical Sciences and Research (PSR), 7(4), 12–22. https://doi.org/10.7454/psr.v7i4.1083

Herianto, Lala, A. A. T., & Nurpasila. (2021). Perilaku Konsumsi Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. JIEFes: Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(1), 94–109. http://dx.doi.org/10.47700/jiefes.v2i1.2808

Kurniawan. (2019). Analisis Regresi; Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakrta: Kencana.

Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh secara Alami selama Pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(2), 465–471. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.465-471

Lesmayati, S., Qomariah, R., Awanis, & Pramudyani, L. (2021). The Impact of Covid-19 Pandemic on People’s Behavior and Herbal Drink (jamu) Processing Businesses in Banjarbaru, South Kalimantan. E3S Web of Conferences, 306, 1–9. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202130602046

Maroah, S., & Ulfa, M. (2021). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Personal, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ikan Laut. Improvement: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 126–135. http://dx.doi.org/10.30651/imp.v1i2.9796

Mizfar, F., & Sinaga, A. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi Instan. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 11(2). https://doi.org/10.20961/sepa.v11i2.14172

Muhammad, B., Nanik, I., & Anjar, W. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Keluarga di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1–6.

Munandar, J. M., Udin, F., & Amelia, M. (2014). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan di Bogor. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 13(3), 97–107.

Nugraha, R. V., Ridwansyah, H., Ghozali, M., Khairani, A. F., & Atik, N. (2020). Traditional Herbal Medicine Candidates as Complementary Treatments for COVID-19: A Review of Their Mechanisme Pros and Cons. Evidence=Based Complementary and Alternative Medicine, 1–12. https://doi.org/10.1155/2020/2560645

Padmi, N., Dewi, R., & Anggreni, I. (2017). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Buah-buahan di Moena Fresh Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 6(4), 584–595. https://doi.org/10.24843/JAA.2017.v06.i04.p13

Safitri, M. D. P., & Harti. (2022). Analisis Sikap Konsumen pada Atribut Produk Minuman Susu Racik Mak Tam berbasis Analisis Fishbein. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 116–127. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.899

Sayekti, W. D., Viantimala, B., Lefiana, O., & Syafani, T. S. (2021). Pengambilan Keputusan dalam Konsumsi Sayuran dan Pola Konsumsi Pangan Petani Padi di Desa Rantau Tijang Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus. Jurnal Agrimanex, 2(1), 10–23. https://doi.org/10.35706/agrimanex.v2i1.5370

Sembiring, R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas, Keragaman Produk, dan Lokasi Pasar terhadap Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Pertanian di Pasar Tradisional Berastagi. Agrica: Jurnal Agribisnis Sumatera Utara, 9(2), 107–116. https://doi.org/10.31289/agrica.v9i2.541

Setyowati, K., Murti, A. T., & Astuti, F. K. (2021). Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Masyarakat terhadap Produk Daging Sapi Segar dan Produk Olahan di Kota Wisata Batu. Jurnal Ilmiah Fillia Cendikia, 6(2), 118–129. https://doi.org/10.32503/fillia.v6i2.1859

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Syukur, S. B., & Asnawati, R. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Pemanfaatan Herbal di Desa Pilohayanga Barat, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Zaitun: Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(1).

Utami, S. S., Fatmawati, I., & Santosa, R. (2019). Preferensi Konsumen terhadap Kopi Lengkuas Cap Potre Alomampa. Universitas Wiraraja, 1–8.

Wawan, & Dewi. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Nuha Medika.

Widardjono, A. (2017). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya disertai Panduan Eviews. UPPM STIM YKPN.

Yuniati, E., Husain, F., Arsi, A. A., & Wicaksono, H. (2021). Perception of the Consumer Community on Traditional Herbal Drink of Ngadirgo Semarang. Advances in Social Science, Education and Humanities Research: Proceedings of the 6th International Conference on Education & Social Sciences (ICESS 2021), 578, 76–79. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210918.015

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Wardana, M. F., & Rianti, T. S. M. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Mengonsumsi Produk Rempah (Jamu) pasca Pandemi. Media Agribisnis, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i2.2768

Issue

Section

Articles