Kreativitas Mahasiswa: Pembuatan Pohon Pojok Baca di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Zamriana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rasti Lapudu Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nuraeni Universitas Muhammadiyah Buton
  • Novi Lestari Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kreativitas;, Mahasiswa, Pohon Pojok, Minat Baca, Sekolah Dasar

Abstract

Minat baca siswa sekolah dasar masih tergolong rendah, terutama karena keterbatasan media dan ruang baca yang menarik. Untuk mengatasi hal ini, mahasiswa melaksanakan program kreativitas dengan membuat Pohon Pojok Baca di SD Negeri 2 Wameo sebagai bentuk pengabdian dan praktik nyata pembelajaran kreatif. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca siswa melalui pendekatan visual yang menarik dan interaktif. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, perancangan desain, pengumpulan bahan daur ulang, serta proses pembuatan dan penempatan pohon baca di dalam kelas. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme siswa yang tinggi dalam membaca buku yang ditempatkan pada Pohon Pojok Baca, serta meningkatnya interaksi siswa dengan buku-buku bacaan di luar jam pelajaran. Guru pun menyambut baik inovasi ini sebagai media pembelajaran tambahan yang inspiratif. Kesimpulannya, kegiatan ini membuktikan bahwa kreativitas mahasiswa dalam menciptakan media literasi sederhana dan ramah anak dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan budaya literasi di sekolah dasar. Program serupa layak dikembangkan di sekolah-sekolah lain dengan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi masing-masing sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27