UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 MASIRI KABUPATEN BUTON SELATA

Authors

  • Maudin Maudin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Sulasri Sulasri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rusli Rusli Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini membahas tenteng upaya guru pendidikan agama Isalm dalam menghadapi kenakalan peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Masiri Kabupaten Buton Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kenakalan peserta didik, faktor penyebabnya serta upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi sebagai instrumen penelitiannya. Teknik analisa data menggunakan teknik kualitatif, yakni kondensasi data, reduksi data, dan Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Bentuk kenakalan peserte didik berupa mengganggu teman, keluar masuk pada saat jam pelajaran serta suka membantah nasihat guru, 2) Kenakalan peserta didik, biasa disebabkan oleh pengaruh lingkungan sebaya dan kurangnya pengawasan orang tua; 3) Upaya guru dalam mengatasi kenakalan peserta didik adalah melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik, memberi sanksi, serta memberikan pemahaman terhadap peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Maudin, M., Sulasri, S., & Rusli, R. (2024). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 MASIRI KABUPATEN BUTON SELATA. SYATTAR, 4(2), 53–61. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/6130