Sosialisasi Literasi Keuangan bagi Siswa Sanggar Bimbingan Hulu Langat: Mendorong kebiasaan menabung sejak dini

Authors

  • Waode Adriani Hasan Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Ernawati Malik Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Wa Ode Al Zarliani Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • La Ode Achmad Suherman Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v9i2.7679

Keywords:

Diaspora, Literasi Keuangan, Menabung, Pengabdian Masyarakat, Sekolah Dasar

Abstract

Literasi keuangan merupakan keterampilan dasar yang penting diajarkan sejak dini untuk membentuk pola pikir dan perilaku keuangan yang sehat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep literasi keuangan dan membangun kebiasaan menabung pada siswa sekolah dasar di Sanggar Bimbingan Hulu Langat, Malaysia. Kegiatan dilaksanakan oleh tim dosen Universitas Muhammadiyah Buton bekerja sama dengan Atdikbud KBRI Kuala Lumpur dan Asosiasi LPTK PTM. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan edukatif-partisipatif melalui ceramah ringan, diskusi interaktif, dan simulasi pengelolaan uang jajan harian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep dasar menabung, menyusun rencana tabungan mingguan, dan menunjukkan motivasi untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru dan pengelola SB Hulu Langat turut mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya strategis membekali siswa dengan keterampilan hidup yang aplikatif. Kegiatan ini juga memperkuat peran perguruan tinggi dalam pengabdian lintas negara dan membuka peluang pengembangan program literasi keuangan lanjutan di komunitas diaspora Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amadi, A., Suwarta, N., Sholikha, D., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman pendidikan finansial sejak dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419–1428. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356

Garibay, C., Choi, E., & Lapierre, M. (2024). Parental mediation of mobile/digital devices and children’s consumer behavior: Examining the role of parental understanding of mobile/digital advertising. Young Consumers: Insight and Ideas for Responsible Marketers, 26(1), 79–95. https://doi.org/10.1108/yc-03-2024-2019

Jansson, J., Marell, A., & Nordlund, A. (2011). Exploring consumer adoption of a high involvement eco‐innovation using value‐belief‐norm theory. Journal of Consumer Behaviour, 10(1), 51–60. https://doi.org/10.1002/cb.346

Korselinda, R., Yusmaniarti, Y., & Hamron, N. (2022). Literasi keuangan melalui gemar menabung pada anak sejak dini di SD Negeri 15 Kota Bengkulu Kelurahan Tanah Patah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 10–15. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.3106

Lapierre, M., & Choi, E. (2021). Parental awareness of new online advertising techniques targeting children: An exploratory study of American parents. Young Consumers: Insight and Ideas for Responsible Marketers, 22(2), 290–305. https://doi.org/10.1108/yc-12-2020-1271

McKay, S., Lin, T., & Lymer, A. (2023). Whatever happened to the Child Trust Fund? The abandonment of universal savings for UK children. Social Policy and Administration, 58(1), 18–38. https://doi.org/10.1111/spol.12941

Nasution, A., Sari, Z., & Sari, Z. (2020). Sistem informasi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah berbasis web di SMPN 2 Satui Kalimantan Selatan. Jurnal Repositor, 2(1), 99. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i1.346

Nulhaqim, S. A., Suryadi, A., & Nuryanti, R. (2016). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menghadapi ASEAN Community 2015: Studi kasus Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 189–200. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13209

Oktaviani, R., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi menumbuhkan literasi finansial pada anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Sari, N., Setiawan, M., & Novitawati, N. (2022). Penanaman pendidikan sosial dan finansial bagi anak usia dini melalui metode proyek. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2785–2793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2533

Sulistyowati, D. M., Nurmala, N., & Rahmawati, F. (2020). Persepsi konsumen terhadap penggunaan dompet digital. Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.323

Susilawati, S., Samukri, Suryaningsih, M., Saleh, R., Darodjatun, M. S., & Fauzi, M. H. (2025). Penerapan Aplikasi Digital untuk Pencatatan dan Pengelolaan Keuangan yang Efisien. Room of Civil Society Development, 4(4), 588–597. https://doi.org/10.59110/rcsd.673

Usman, M. (2024). Implementasi manajemen modern dalam mewujudkan good university governance. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 5(1), 55–66. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i1.189

Downloads

Published

2025-07-28