Sosialisasi Literasi Keuangan bagi Siswa Sanggar Bimbingan Hulu Langat: Mendorong kebiasaan menabung sejak dini
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v9i2.7679Keywords:
Diaspora, Literasi Keuangan, Menabung, Pengabdian Masyarakat, Sekolah DasarAbstract
Literasi keuangan merupakan keterampilan dasar yang penting diajarkan sejak dini untuk membentuk pola pikir dan perilaku keuangan yang sehat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep literasi keuangan dan membangun kebiasaan menabung pada siswa sekolah dasar di Sanggar Bimbingan Hulu Langat, Malaysia. Kegiatan dilaksanakan oleh tim dosen Universitas Muhammadiyah Buton bekerja sama dengan Atdikbud KBRI Kuala Lumpur dan Asosiasi LPTK PTM. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan edukatif-partisipatif melalui ceramah ringan, diskusi interaktif, dan simulasi pengelolaan uang jajan harian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep dasar menabung, menyusun rencana tabungan mingguan, dan menunjukkan motivasi untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru dan pengelola SB Hulu Langat turut mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya strategis membekali siswa dengan keterampilan hidup yang aplikatif. Kegiatan ini juga memperkuat peran perguruan tinggi dalam pengabdian lintas negara dan membuka peluang pengembangan program literasi keuangan lanjutan di komunitas diaspora Indonesia.
Downloads
References
Amadi, A., Suwarta, N., Sholikha, D., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman pendidikan finansial sejak dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419–1428. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356
Garibay, C., Choi, E., & Lapierre, M. (2024). Parental mediation of mobile/digital devices and children’s consumer behavior: Examining the role of parental understanding of mobile/digital advertising. Young Consumers: Insight and Ideas for Responsible Marketers, 26(1), 79–95. https://doi.org/10.1108/yc-03-2024-2019
Jansson, J., Marell, A., & Nordlund, A. (2011). Exploring consumer adoption of a high involvement eco‐innovation using value‐belief‐norm theory. Journal of Consumer Behaviour, 10(1), 51–60. https://doi.org/10.1002/cb.346
Korselinda, R., Yusmaniarti, Y., & Hamron, N. (2022). Literasi keuangan melalui gemar menabung pada anak sejak dini di SD Negeri 15 Kota Bengkulu Kelurahan Tanah Patah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 10–15. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.3106
Lapierre, M., & Choi, E. (2021). Parental awareness of new online advertising techniques targeting children: An exploratory study of American parents. Young Consumers: Insight and Ideas for Responsible Marketers, 22(2), 290–305. https://doi.org/10.1108/yc-12-2020-1271
McKay, S., Lin, T., & Lymer, A. (2023). Whatever happened to the Child Trust Fund? The abandonment of universal savings for UK children. Social Policy and Administration, 58(1), 18–38. https://doi.org/10.1111/spol.12941
Nasution, A., Sari, Z., & Sari, Z. (2020). Sistem informasi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah berbasis web di SMPN 2 Satui Kalimantan Selatan. Jurnal Repositor, 2(1), 99. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i1.346
Nulhaqim, S. A., Suryadi, A., & Nuryanti, R. (2016). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menghadapi ASEAN Community 2015: Studi kasus Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 189–200. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13209
Oktaviani, R., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi menumbuhkan literasi finansial pada anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654
Sari, N., Setiawan, M., & Novitawati, N. (2022). Penanaman pendidikan sosial dan finansial bagi anak usia dini melalui metode proyek. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2785–2793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2533
Sulistyowati, D. M., Nurmala, N., & Rahmawati, F. (2020). Persepsi konsumen terhadap penggunaan dompet digital. Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.323
Susilawati, S., Samukri, Suryaningsih, M., Saleh, R., Darodjatun, M. S., & Fauzi, M. H. (2025). Penerapan Aplikasi Digital untuk Pencatatan dan Pengelolaan Keuangan yang Efisien. Room of Civil Society Development, 4(4), 588–597. https://doi.org/10.59110/rcsd.673
Usman, M. (2024). Implementasi manajemen modern dalam mewujudkan good university governance. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 5(1), 55–66. https://doi.org/10.51805/jmbk.v5i1.189
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.