Pelatihan TOEFL Bagi Mahasiswa Vokasi di Kota Madiun Dengan Metode Flipped Classroom Model

Authors

  • Damar Isti Pratiwi Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v9i1.7233

Keywords:

Bahasa Inggris, Flipped Classroom, Mahasiswa Vokasi, Pelatihan Kompetensi, TOEFL

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi kompetensi penting bagi generasi muda Indonesia untuk bersaing secara global. Sebagai bentuk pemenuhan persyaratan kelulusan, mahasiswa vokasi di PPI Madiun diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL Institusional dengan skor minimal 400. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan mencapai skor tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan TOEFL menggunakan metode Flipped Classroom Model yang mendorong pembelajaran mandiri dan interaktif. Pelatihan dilaksanakan dalam empat tahap: persiapan, pretest, pelatihan, dan evaluasi. Materi diberikan dua minggu sebelum pelatihan, kemudian dilanjutkan pelatihan intensif selama tiga hari mencakup tiga aspek TOEFL: listening comprehension, structure and written expression, serta reading comprehension. Evaluasi dilakukan melalui posttest dan penyebaran kuesioner. Hasil menunjukkan peningkatan skor TOEFL secara signifikan, dengan 88% peserta mencapai skor minimal. Peserta juga memberikan respons positif terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa vokasi dan direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahniar, N., Nurmaya, A. L., & Irsan. (2018). Pelatihan kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari bagi para pemuda di kota Baubau. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 2(1).

Dusengimana, C., Munyemana, J. J., & Mugabe, G. (2023). Trends in the use of flipped classroom model and its effectiveness in higher learning education: A systematic review. African Educational Research Journal, 11(4), 616–633. https://doi.org/10.30918/aerj.114.23.096

Golubovich, J., Tolentino, F., & Papageorgiou, S. (2018). Examining the applications and opinions of the TOEFL ITP® assessment series test scores in three countries. ETS Research Report Series, 84, 18–44. https://doi.org/10.1002/ets2.12231

Kurniawan, Y., Kurniawan, Y., Fadilah, E., & Linuwih, E. R. (2024). Peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris guru Yayasan Barunawati Biru Surabaya melalui metode Toastmasters. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 8(2), 226–234. https://doi.org/10.35326/pkm.v8i2.5169

Marshall, H. W., & Kostka, I. (2020). Fostering teaching presence through the synchronous online flipped learning approach. Teaching English as a Second Language Electronic Journal (TESL-EJ), 24(2), 1–14. https://tesl-ej.org/pdf/ej94/int.pdf

Nurkhamidah, N. (2023). Peningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris menggunakan flash card di rumah belajar Cahaya Indonesia. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 204–212. https://doi.org/10.35311/jmpm.v4i1.211

Pratiwi, D. I., Amumpuni, R. S., Fikria, A., & Budiastuti, R. E. (2023). Enhancing students’ learning outcomes through MALL in TOEFL preparation class for railway mechanical technology. International Journal of Language Education, 7(2), 185–198. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i2.22839

Pratiwi, D. I., Atmaja, D. S., & Prasetya, H. W. (2021). Multiple e-learning technologies on practicing TOEFL structure and written expression. JEES (Journal of English Educators Society), 6(1), 105–115. https://doi.org/10.21070/jees.v6i1.1194

Pratiwi, D. I., Fitriati, S. W., Yuliasri, I., & Waluyo, B. (2024). Flipped classroom with gamified technology and paper-based method for teaching vocabulary. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s40862-023-00222-4

Pratiwi, D. I., Ubaedillah, U., Puspitasari, A., & Arifianto, T. (2022). Flipped classroom in online speaking class at Indonesian university context. International Journal of Instruction, 15(2), 697–714. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15238a

Pratiwi, D. I., & Waluyo, B. (2022). Integrating task and game-based learning into an online TOEFL preparatory course during the COVID-19 outbreak at two Indonesian higher education institutions. Malaysian Journal of Learning & Instruction, 19(2), 37–67. https://doi.org/10.32890/mjli2022.19.2.2

Richards, J. C. (2015). Technology in language teaching today. Technology in Language Teaching Today, 10(1), 18–32. https://doi.org/10.25170/ijelt.v10i1.654

Situmorang, K., Nugroho, D. Y., Sihombing, M. R., Manurung, E. I., & Tahulending, P. S. (2020). Pengenalan TOEFL ITP dan sharing belajar ke luar negeri. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 4(2), 1–8. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/795

Sukmawati, Hasnani, & Uleng, B. P. (2022). Pendampingan siswa dalam melatih kemampuan bahasa Inggris berbasis language focused learning di SMA Negeri 13 Makassar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 6(1), 112–120. https://doi.org/10.35326/pkm.v6i1.2109

Teng, M. F. (2017). Flipping the classroom and tertiary level EFL students’ academic performance and satisfaction. Journal of Asia TEFL, 14(4), 605–620. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2017.14.4.2.605

Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Mukson, M., Masrikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. (2020). Pelatihan wawancara kerja dalam bahasa Inggris bagi siswa SMK menggunakan metode demonstrasi. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(1). http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/317

Downloads

Published

2025-06-22