Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Semester Enam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton

  • Cecep Nuryadin, Agus Salim & Ardy Lestary Awaludin R Universitas Muhammadiay Buton
Keywords: Penulisan, Artikel Ilmiah

Abstract

Keberadaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2011 tentang Masalah Berkala Ilmiah, dan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 152 / E / T / Januari 2012 tentang kewajiban mempublikasikan karya ilmiah termasuk kewajiban mahasiswa sarjana untuk membuat artikel dan mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah. Sejauh ini, artikel yang ditulis oleh siswa dipandu oleh pengawas tesis atau penguji tesis belum sepenuhnya memenuhi standar yang ada. Ada banyak ketidakcocokan dalam tulisan yang ditulis oleh siswa. Ini juga akan lebih merepotkan dan proses yang panjang bagi siswa dan manajer jurnal ilmiah di fakultas. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk: (1). Peserta pelatihan dapat memahami prosedur penulisan artikel ilmiah, (2). Peserta pelatihan mampu melakukan penulisan ilmiah, (3). Peserta pelatihan dapat memahami aturan dalam bentuk artikel ilmiah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: (1) Kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Buton telah dilaksanakan dengan baik hasil dengan peningkatan skor tes rata-rata 20% dan penguasaan teori dengan kategori Sangat Baik di 30% dan Baik di 70%, (2). Target audiens yang dipilih dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki antusiasme yang tinggi untuk mengikuti semua kegiatan hingga selesai dan dianggap mampu mentransmisikan pengetahuan mereka kepada orang lain.

Published
2019-02-01