Pengembangan Usaha UMKM Desa Cialam Jaya melalui Pemanfaatan Media Sosial

Authors

  • Kamaruddin Universitas Muhammadiyah Kendari, Kendari, Indonesia
  • Patta Hindi Asis Universitas Muhammadiyah Kendari, Kendari, Indonesia
  • Hendra Nelva Saputra Universitas Muhammadiyah Kendari, Kendari, Indonesia
  • Andi Muhammad Jafar Universitas Muhammadiyah Kendari, Kendari, Indonesia
  • Aditya Pratama Putra Universitas Muhammadiyah Kendari, Kendari, Indonesia
  • Egri Rionansyah Alaeka Universitas Muhammadiyah Kendari, Kendari, Indonesia
  • Sitta Fikria Rahwanto Universitas Muhammadiyah Kendari, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v8i2.6410

Keywords:

Cialam Jaya, Media Sosial, Pemasaran Digital, Perusahaan Lokal, Strategi Pemasaran

Abstract

Desa Cialam Jaya, secara administratif terletak di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Mitra dalam kegiatan ini adalah Pemerintah Desa Cialam Jaya, dengan permasalahan efektivitas peningkatan usaha desa, serta mitra kedua yaitu kelompok usaha kuliner lokal dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) Desa Cialam Jaya. Solusi yang ditawarkan berupa sosialisasi pengenalan pemasaran digital dan e-commerce. Kegiatan sosialisasi mencakup pengenalan media sosial selain Facebook, e-commerce, dan website. Workshop dan pendampingan dalam penggunaan media sosial, praktik foto produk, pembuatan video produk, pengembangan website, fotografi produk, serta penceritaan produk (product storytelling) juga dilaksanakan. Indikator keberhasilan program ini diukur dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan aparat desa di atas 60% dalam pengenalan media pemasaran digital. Sementara itu, setelah workshop, KUB Desa Cialam Jaya diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang fotografi produk, dasar-dasar penceritaan produk, serta pengelolaan administrasi untuk bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-12