Peningkatan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi Sejak Dini Pada Siswa MTs Darul Ma’arif Karyamulya, Batujaya, Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v8i1.5087Keywords:
Angka Partisipasi Kasar, Siswa MTs, Pendidikan TinggiAbstract
Program Pengabdian pada masyarakat ini berbentuk seminar pendidikan tentang Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi dengan tema Peningkatan Angka Pertisipasi Kasar Pendidikan Tinggi Sejak Dini pada Siswa Mts di Desa Karyamulya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Tujuan Seminar Angka Partisipasi Kasar ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa MTs mengenai pentingnya mendapatkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bagi para siswa, menumbuhkan rasa ingin melanjutkan pendidikan bagi siswa agar siswa memiliki kemauan dalam menyiapkan diri memasuki pendidikan lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melalui kegiatan seminar pendidikan bertempat di MTs Daarul Ma’arif Karyamulya, Batujaya Karawang yang dihadiri 105 siswa dan 10 orang guru. Karena seminar ini diikuti oleh siswa yang suaianya masih relatif muda, maka pendekatan yang digunakan lebih mendorong minat siswa Materi yang disajikan oleh nara sumber adalah mengenai masih rendahnya angka partisipasi kasar (APK) di pendidikan tinggi dibandingkan dengan negara tetangga. Hasil seminar ini dapat ditunjukkan dengan antusianya anak-anak MTs dalam berdiskusi dan penjawab pre dan post-test. Dengan adanya program pengabdian ini diharapkan masyarakat khususnya para siswa betul-betul memahami dan minat untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan berbagai keterbatasan yang mungkin dihadapi oleh para siswa dan keluarganya serta memiliki motivasi yang kuat, guna meningkatkan peluang untuk memasuki dunia kerja di masa depan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.