Peningkatan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi Sejak Dini Pada Siswa MTs Darul Ma’arif Karyamulya, Batujaya, Karawang

Authors

  • Hawignyo Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Danny Ramdhani Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Asep Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v8i1.5087

Keywords:

Angka Partisipasi Kasar, Siswa MTs, Pendidikan Tinggi

Abstract

Program Pengabdian pada masyarakat ini berbentuk seminar pendidikan tentang Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi dengan tema Peningkatan Angka Pertisipasi Kasar Pendidikan Tinggi Sejak Dini pada  Siswa  Mts di Desa Karyamulya, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Tujuan Seminar Angka Partisipasi Kasar ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa MTs mengenai pentingnya mendapatkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bagi para siswa, menumbuhkan rasa ingin melanjutkan pendidikan bagi siswa agar siswa memiliki kemauan dalam menyiapkan diri memasuki pendidikan lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melalui kegiatan seminar pendidikan bertempat di MTs Daarul Ma’arif Karyamulya, Batujaya Karawang yang dihadiri 105 siswa dan 10 orang guru. Karena seminar ini diikuti oleh siswa yang suaianya masih relatif muda, maka pendekatan yang digunakan lebih mendorong minat siswa Materi yang disajikan oleh nara sumber adalah mengenai masih rendahnya angka partisipasi kasar (APK) di pendidikan tinggi dibandingkan dengan negara tetangga. Hasil seminar ini dapat ditunjukkan dengan antusianya anak-anak MTs dalam berdiskusi dan penjawab pre dan post-test.  Dengan adanya program pengabdian ini diharapkan masyarakat khususnya para siswa betul-betul memahami dan minat untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan berbagai keterbatasan yang mungkin dihadapi oleh para siswa dan keluarganya serta memiliki motivasi yang kuat, guna meningkatkan peluang untuk memasuki dunia kerja di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-05