PKM KULINER MAKANAN KECIL DI JALAN BIBIS RAYA KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

  • Barbara Gunawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Kata Kunci: Makanan kecil, kuliner, bibis raya

Abstract

Abstrak

Sasaran program PKM ini adalah kelompok masyarakat usaha kecil/industri rumahan penjual dan pembuat makanan kecil. Tujuan program adalah untuk mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi. Mitra usaha dalam program ini adalah usaha kecil pembuatan dan penjualan kue kecil.  Permasalahan yang dihadapi oleh Mitra 1 dan Mitra 2 adalah a) Tempat penyajian makanan yang kurang layak dan tidak rapi, b) Tidak ada identitas nama toko, c) meja etalase yang kurang memadai, d) perlengkapan dari pembuat makanan yang kurang layak dan bukan food grade, e) Pencatatan yang belum rapi, dan f) kurangnya edukasi tentang kebersihan. Target dan luaran yang dihasilkan dari program pengabdian masyarakat PKM Kuliner Makanan Kecil di Jalan Bibis Raya Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta adalah  a) Tempat penyajian makanan yang layak dan rapi, b) Ada banner, spanduk, dan taplak meja dengan informasi nama toko, c) Meja etalase yang rapi dan bersih, d) Tempat makanan dari supplier yang tertutup dan ada simbol food grade, e) Pencatatan yang rapi, dan f) Pemahaman akan kebersihan penyajian dan lingkungan sekitar toko. Metode yang  dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah a) Pengadaan tempat penyajian makanan, b) Perancangan dan pembuatan banner, spanduk, dan taplak meja, c) Pengadaan meja etalase yang rapi, d) Pengadaan tempat makanan untuk supplier, e) Pelatihan pencatatan keuangan, dan f) Focus discussion group tentang kebersihan penyajian dan lingkungan sekitar toko. Hasil akhir dari program ini adalah tempat penyajian makanan yang rapi, terpasang spanduk dan taplak meja dengan identitas Mitra; tersedia meja yang rapi, tersedia tempat makanan dengan simbol food grade, terselenggara pelatihan pencatatan keuangan, dan terselenggara focus discussion group. Setelah adanya identitas toko, sudah terjadi beberapa kali pesanan snack box yang tentunya akan meningkatkan pendapatan Mitra.

 

 

Abstract

The target of the PKM program is the community groups of small businesses / home industry sellers and small food makers. The aim of the program is to develop economically independent communities. Business partners in this program are small businesses making and selling small cakes. Problems faced by Partner 1 and Partner 2 are a) Inadequate and untidy food presentation, b) No store name identity, c) inadequate storefront table, d) equipment from food manufacturers that are not appropriate and not food grade, e) Recording is not neat, and f) lack of education about cleanliness. The targets and outcomes generated from the Community Service Program for Small-scale Food Culinary Workers at Jalan Bibis Raya Kasihan Bantul Special Region of Yogyakarta are a) A decent and neat place for serving food, b) There are banners, banners and tablecloths with information on store names, c) A neat and clean storefront table, d) Food stalls from suppliers are closed and there is a symbol of food grade, e) neat recording, and f) An understanding of the cleanliness of the presentation and the environment around the store.The method used to achieve these objectives is a) Procurement of food serving places, b) Design and manufacture of banners, banners and tablecloths, c) Procurement of a neat storefront table, d) Procurement of food containers for suppliers, e) Training in financial records, and f) Focus group discussions about the cleanliness of the presentation and the environment around the store. The end result of this program is a neat place for serving food, with banners and tablecloths with a Partner identity; neat tables are available, there are food places with food grade symbols, financial record training is held, and focus group discussions are held. After the existence of the store identity, snack box orders have occurred several times which will certainly increase Partner's income.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-02