Kajian Pengembangan Pembelajaran Psikologi Indigenous di Universitas Mercu Buana Yogyakarta: Program Pengabdian Berbasis Kampus
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v8i1.4083Keywords:
Indigenous, Pengajaran, Pembelajaran, Psikologi, UniversitasAbstract
Psikologi Indigenous merupakan salah satu mata kuliah yang belum menjadi mainstream dalam studi di Indonesia. Posisi mata kuliah ini termasuk baru dalam paradigma Pendidikan dan pengajaran psikologi. Psikologi Indigenous mengarahkan untuk mendalami dan mempelajari sumber-sumber belajar dan materi belajar ilmu psikologi yang berasal dari konteks masyarakat yang dipelajari termasuk budaya dan tradisi berpikir yang berimplikasi pada perilaku dan sikap tertentu. Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk mendapatkan pemahaman dan response dalam sistem pembelajaran melalui proses belajar mengajar di kelas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini ialah melalui observasi dan diskusi kelompok terhadap sistem pengajaran yang diselenggarakan pada mata kuliah Psikologi Indigenous. Lokasi kegiatan dilaksanakan di kelas mata kuliah Psikologi Indigenous program studi magister psikologi semester 2. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pola pengajaran dan instruksi pembelajaran tentang Psikologi Indigenous telah berpengaruh signifikan terhadap pola pikir dan cara berpikir mahasiswa untuk memahami pegertian psikologi Indigenous dalam kehidupan akademik. Langkah-langkah metodis dalam pengajaran akan memberikan pengaruh dan dampak dalam cara mahasiswa untuk membuat rumusan dan studi tentang psikologi indigenous. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa keberhasilan dalam pengembangan pembelajaran psikologi indigenous melalui kegiatan di kelas dapat terwujud dengan baik ketika materi, penugasan, dan evaluasi tetap focus diarahkan pada ruang lingkup psikologi indigenous
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.