Analisis Tingkat Kesukaran Soal pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri 1 Baadia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kesukaran Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakana deskripsi kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV serta 40 soal kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan aplikasi ANATESV4. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal dari guru mata pelajaran Ipa kelas IV tahun ajaran 2022/2023 di SD Negeri 1 Baadia, ditinjau dari tingkat kesukarannya butir-butir soal tergolong sedang. Hal ini dapat diketahui bahwa dari 40 butir soal yang tergolong dalam soal kategori sukar sebanyak 7 butir soal (17,5%), soal berkategori sedang sebanyak 23 butir (57,5%) dan soal berkategori mudah sebanyak 10 butir (34%).