Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga

Authors

  • Nurul Fatimah Univetsitas Muhammadiyah Buton
  • Eka Rosmitha Sari Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Pendidikan Matematika Realistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendidikan matematika realistik berbantuan alat perga kelas IV SD Negeri II Baadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri II Baadia. Berdasarkan hasil penelitian prasiklus, siklus I dan siklus II diperoleh data sebgai berikut : Standar KKM mata pelajaran matematika adalah 70. Persentase hasil belajar siswa pada prasiklus 36% dengan siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dan siswa yang tidak tuntas 18. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I 61% dengan siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dan yang tidak tuntas 11 siswa. Persentase hasil belajar pada siklus II 82% dengan siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa dan yang tidak tuntas 5 siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendidikan matematika realistik berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Baadia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles