PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BELI ULANG KONSUMEN DI SHOPEE
(Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi UST)
DOI:
https://doi.org/10.35326/jiam.v4i1.958Keywords:
Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kepuasan, Niat Beli UlangAbstract
Perkembangan teknologi di era globalisasi sekarang ini membuat internet semakin berkembang ke lapisan masyarakat sehingga media internet sangat berguna dalam aplikasi bisnis yang disebut e-commerce. Salah satu e-commerce yang ikut meramaikan dunia bisnis yaitu Shopee. Shopee merupakan aplikasi jual beli online dengan menawarkan jual beli yang menyenangkan, gratis dan juga terpercaya. Keberlangsungan Shopee untuk memenangkan persaingan pasar dalam bisnis online juga dipengaruhi oleh niat beli ulang konsumen. Faktor yang menentukan tinggi rendahnya niat beli ulang antara lain yaitu kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kepuasan. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tentang adanya pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan dan kepuasan terhadap niat beli ulang konsumen di Shopee. Variabel bebas yang digunakan yaitu kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kepuasan sedangkan variabel terikat yaitu niat beli ulang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswa aktif fakultas ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta tahun angkatan 2019 dan tahun angkatan 2020 yang berjumlah 1.123 mahasiswa kemudian diambil sampelnya sebanyak 120 responden. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner kemudian dibuat menggunakan google form dan disebarkan melalui media sosial whatsapp dan telegram. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan Software SPSS ver. 23.0. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kepuasan secara (simultan) bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen di Shopee, kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen di Shopee, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang konsumen di Shopee, kepuasan tidak berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen di Shopee.