FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PENGUNGKAPAN INFORMASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP COST OF EQUITY
DOI:
https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.615Keywords:
Karakteristik Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, Cost of EquityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besaran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan kualitas tata kelola perusahaan terhadap kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), serta dampak kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap cost of equity. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang mengikuti pemeringkatan IICG pada 2011-2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dan menghasilkan sampel sebanyak 92 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan, laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan dari situs web perusahaan sampel, situs web Bursa Efek Indonesia, dan majalah SWA Indonesia. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda untuk mengukur pengaruh lebih dari satu variabel independen terhadap variabel dependen dan regresi sederhana. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa besaran perusahaan dan leverage tidak memengaruhi kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Profitabilitas dan kualitas tata kelola perusahaan menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap cost of equity.