ANALISIS PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (BEI)

  • Dwi Agustyawati Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Modal Kerja, Profitabilitas, Return On Asset (ROA)

Abstract

Modal kerja menjadi hal yang penting dibahas dalam usaha meningkatkan profitabilitas dikarenakan modal kerja merupakan pembelanjaan jangka pendek perusahaan yang diharapkan akan dapat kembali lagi masuk dalam perusahaan dalam waktu jangka pendek. Hal ini seiring dengan tujuan utama perusahaan yaitu meningkatkan profitabilitas dikarenakan modal kerja berperan dalam menopang operasi serta kegiatan perusahaan. Adanya modal kerja yang cukup memungkinkan bagi perusahaan untuk beroperasi dengan seekonomis mungkin sehingga perusahaan tidak akan mengalami kesulitan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar diBursa Efek Indonesia pada sektor industri barang konsumsi.Data laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan selama 3 tahun terakhir, dari tahun 2015 – 2017. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Untuk mendapatkan tingkat akurasi dan dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independent (modal kerja) terhadap variabel dependent (Profitabilitas) dengan menggunakan persamaan perhitungan modal kerja dan persaam perhitungan profitabilitas. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa modal kerja memberikan hasil yang signifikan terhadap return on total asset( ROA). Hasil penelitian menunjukan bahwa modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdapat dibursa efek indonesia pada sektor industri barang konsumsi. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel : 0,211> 2,048.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-29
How to Cite
Agustyawati, D. (2019). ANALISIS PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 2(2), 14-28. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/jiam/article/view/333
Section
Articles