Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa
Keywords:
Bimbingan kelompok, Teknik diskusi, Komunikasi interpersonalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Metode penelitian menggunakan experimental dengan desain penelitian Pre Experimental Desain: One Group Pretest-Posttest design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 77 siswa. Dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive yaitu teknik pengambilan sampel yang ditentukan oleh peneliti karena tujuan khusus tertentu. Dari 77 siswa yang diberikan instrument terdapat 8 orang siswa yang memiliki kategori rendah. Sehingga 8 orang siswa inilah yang diberikan intervensi dan Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data pada hasil pretest 14,87% Dan setelah diberikan intervensi melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi mengalami peningkatan komunikasi interpersonal siswa, dapat dilihat pada hasil posttest yaitu 23,45%. Hasil analisis uji test statistik uji wilcoxon masing-masing pretest posttest menunjukkan nilai Z (-2.527a) dan pada nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05 atau (p<0.05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada pengisian skala komunikasi interpersonal sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dan setelah diberikan diskusi, sehingga bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Baubau.
Downloads
References
Abdul Harish M, dan Retno Tri Hariastuti, Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Program Jurusan Kelas X.4 SMAN 2 Lamongan Tahun Ajaran 2012/2013, Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 1, No 1, tersedia di:http//journal.unesa.ac.id, Di akses, 05 April 2022
Abu Ahmad, Widodo Supriyono, (2013) “Psikologi Belajar”, (Jakarta: Rineka Cipta).
Acep Setia Permana, (2012) “Bahasa Indonesia 2”, (Cimahi : Jabar Press).
Anita Dewi Astuti (2013) Model Layanan BK Kelompok Teknik Permainan (Games) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk. Di akses, 08 Februari 2022
Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dewa Ketut Sukardi 2015, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta, Rineka Cipta.
Fadmazati, A. P., & Lathifah, M. (2018). PENGARUH TEKNIK DISKUSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 21 SURABAYA. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 11-18.
Indha Rachmawati Sufis (2016) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Melalui Metode Role Playing Pada Anak Di SD Negeri 2 Gombon.Di akses, 08 Februari 2022
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta. Diva Press.
JAMIL, N. A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VI SDN SANA TENGAH 1 KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN.
Janah, M. (2017). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas xii sma negeri 7 bandar lampung tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung)
Lolang Mariana (2014) Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa SMK Swasta Kota Semarang.Jurnal Bimbingan Konseling http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk. Di akses, 08 Februari 2022
Muslimin (2016) Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016
Rindy Jihan Permatasari (2013) Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Experiential Learning Dengan Teknik Outbound Pada Siswa Kelas VII A DI SMP Negeri 13 Semarang. Di akses, 08 Februari 2022
Sahputra, D. (2018). Komunikasi interpersonal pada siswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 14-21
Suranto. 2011. Komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Graha ilmu.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Yusak Ghozali Hasan (2018). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI TKJ SMK Pawyatan Daha 3 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 Di akses, 08 Februari 2022
Zuhara.2015. Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1 (1). Di akses, 08 Februari 2022
Widodo.(2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis.Depok: PT RajaGrafindo Persada..