Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 2 Tomia

Authors

  • Muhammad Nauval Ishumi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Edison Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Husniah Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Bimbingan kelompok, Perencanaan Karir, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran umum perencanaan karir siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 2 Tomia, (2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, (3) keefektivan bimbingan kelompok menggunakan teknik Problem Solving untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 2 Tomia. Metode penelitian menggunakan pendekatan pre-experimental design tipe one group pretest-posttest, dengan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini 24 orang siswa dan sampel berjumlah 13 orang dengan teknik Nonprobability sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan: (1) rendahnya perencanaan karir siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 2 Tomia, 2). Pelaksanaan layanan bimbingan konseling dengan teknik problem solving dapat memberikan pemahaman perencanaan karir siswa yang dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, (3) Perencanaan karir siswa mengami peningkatan berdasarkan uji wilcoxon sebesar 0,001 pada taraf signifikan nilai 0,05 (p<0,05). Dengan demikian bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terbukti efektif meningkatkan perencanaan karir siswa di SMA Negeri 2 Tomia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edison, E., Husniah, W. O., & Sarjun, S. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Di MAN 1 Baubau. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 17810-17825.

Hafifa Marwa Susan Nasution, (2022) Efektivitas Teknik Problem Solving Dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMPN 9 Banda Aceh. https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/25137/

Husniah, W. O. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kapontori. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 216-220.

Husniah, W. O., Safaria, R., Ulfa, M., & Rahmah, S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Short Movie Impian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(1), 159-167.

Husniah, W. O., Edison, E., & Elu, E. S. R. (2023). Peningkatan Perencanaan Karier Siswa melalui Layanan Informasi Karier dengan Menerapkan Teori Karier Holland. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(3), 694-701.

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1), 50–60. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.235

Laksmana, W. K. H. (2018). Pengembangan Media Aplikasi Perencanaan Karir Berbasis Android Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 8(3), 35–44.

Prayitno. (2014). Bimbingan Kelompok. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Riska Yolanda, N. A. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Diskusi Terhadap Siswa Yang Mengalami Kejenuhan Belajar Di Kelas Viii Mts Al-Washliyah Bangun Purba Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 6889–6896.

Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD [The Effect of the Polya Model on the Mathematics Problem-Solving Ability of Fifth-Grade Elementary School Students]. International Journal of Elementary Education, 1(1), 31–38.

Siska, R. E. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Jujur Anak Panti Asuhan Wira Lisna Mata Air Padang Selatan. http://eprints.umsb.ac.id/521/%0Ahttp://eprints.umsb.ac.id/521/1/Siska Ratu Eldiya.pdf

Safitri, E., Kiswantoro, A., & Zamroni, E. (2020). Meningkatkan Kematangan Pemilihan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5151

Tama, A. (2019). Efektivitas Penerapan Teori Karir John L. Holland Terhadap Peningkatan Perencanaan Karir Siswa. 36.http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/144

Wardani, S. S., Susanti, R. D., & Taufik, M. (2022). Implementasi Pendekatan Computational Thinking Melalui Game Jungle Adventure Terhadap Kemampuan Problem Solving. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(`1), 1–13. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5430.

Wijayanti, W., & Saraswati, S. (2020). Konseling Kelompok Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kematangan Arah Pilihan Karir Siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 164. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6752

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Muhammad Nauval Ishumi, Edison, & Wa Ode Husniah. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 2 Tomia. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(2), 247–251. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/7157