Pengembangan Media Animasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Baubau

Authors

  • Sri Yuliandha Universitas Muhammadiyah Buton
  • Unhaluddin T Kurniawan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Media Animasi, Bimbingan Kelompok, Disiplin Belajar

Abstract

Pengembangan media animasi dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Baubau dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan media yang diterapkan pada layanan bimbingan kelompok, sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media animasi dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi model ADDIE yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap pengumpulan informasi, b) tahap perencanaan, c) tahap pengembangan produk, serta d) tahap validasi dan uji coba. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Angket ditujukan kepada validator materi, validator praktisi dan validator media serta subjek uji coba sejumlah 12 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Baubau. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli praktisi terhadap animasi dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar siswa diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 133 dengan persentase sebesar 81,12% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 10 dengan persentase sebesar 93,33% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Sedangkan hasil dari tanggapan siswa diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 6 dengan persentase sebesar 75% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik dan Sangat Layak”.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N., Handari, M. D., Wijayanti, S., & Sutiana, W. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 721. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077

Arikunto, Suharsimi (2014). PROSEDUR PENELITIAN: SUATU PENDEKATAN PRAKTEK.I Jakarta: Rineka Cipta

Ayuningdyah, M., & Khotimah, K. (2018). Pengembangan Media Animasi Pelajaran Matematika Materi Bidang Datar Simetris Untuk Siswa Kelas Iv Di Sdn Jatikalen 3 Nganjuk. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 0, 1–5.

Dewanti, A., & Putra, A. (2022). Pengembangan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 179.

Edison, E. (2018). Pengembangan Model Konseling Islami Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sma Negeri 8 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Joyo Sampurno, P., Maulidiyah, R., & Zuliana Puspitaningrum, H. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA (Halaman 54 s.d. 58). Jurnal Fisika Indonesia, 19(56), 54–58. https://doi.org/10.22146/jfi.24361

Lestari, F. N., & Miftakhul’Ulum, W. (2020). Analisis Bentuk Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 318–329. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13554

Maydiantoro, A. (2019). MODEL-MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN (RESEARCH AND DEVELOPMENT. 10.

Putra, S., Studi, P., Konseling, B., Muslim, U., & Al, N. (2019). Prayitno bimbingan kelompok. 4(1).

Sadif, R. S., & Ulfa, M. (2022). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMPN 1 KAMBOWA DI ERA COVID-19. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(01), 1-10.

Sari, S. P., Ulfa, M., & Samsaifil, S. (2023). Effectiveness of Group Counseling through Behavior Contract Techniques to Improve Student Discipline in Class X1 MAN 1 Buton. AIQU: Journal Multidiscipliner of Science, 1(4), 194-202.Sartika, M., & Yandri, H. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA. 01(01), 9–17.

Telaumbanua, K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Education and Development, 4(1), 25–31.

Wibisono, H. A., Putra, B. N., Prihatin, E., Simarmata, M. A., Perang, B., Simanungkalit, R. M., Sitohang, K., Ulfa, M., Setiawati, E., Widana, I. N. S., Dewa, E., & Wajdi, F. (2024). PENGELOLAAN KELAS DAN KEDISIPLINAN. In E. Damayanti (Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Sri Yuliandha, & Unhaluddin T Kurniawan. (2024). Pengembangan Media Animasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Baubau. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 191–199. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/5780