Meningkatkan Etika berkomunikasi di Media Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau Dengan Bimbingan kelompok Media Audio Visual

Authors

  • Aldy Arya Nesta Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ria Safaria Sadif Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Audio Visual, Etika Berkomunikasi, Media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran umum etika berkomunikasi di media sosial siswa SMP Negeri 7 Baubau kelas VIII dan juga bagaimana keefetivan bimbingan kelompok dengan media audio visual dapat meningkatkan etika berkomunikasi di media sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau. Pada sampel penelitian yang berjumlah 10 orang menunjukan hasil pretest sebagai berikut siswa dengan kategori tinggi yaitu 1 orang dengan presentase (10%), sedang 2 (20%) dan rendah 7 (70%). Lalu setelah diberikan layanan bimbinga kelompok dengan media audio visual sebanyak 5 kali pertemuan terjadi perubahan pada tingkat etika berkomunikasi di media sosial siswa yang menjadi sampel penelitan, adapun hasil posttest yaitu siswa dengan kategori tinggi 3 orang dengan presentase (30%), sedang 6 (60%) dan rendah 1 (10%). Kemudian hasil uji wilcoxon yaitu 0.000 < 0.05 atau (p<0.05) dan nilai Z -2805b. Berdasarkan dari penjelasan dan juga data diatas maka dapat di simpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan media audio visual efektif dalam meningkatkan etika berkomunikasi di media sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati, A., & Sadif, R. S. (2023). PENGARUH ETIKA BERMEDIA SOSIAL TERHADAP KECEMASAN SOSIAL PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI KOTA BAUBAU. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 98-105.

Astajaya, I. K. M. (2020). Etika Komunikasi di Media Sosial. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Sosial Budaya, 15(1), 81–95.

Febriyanti, S. N., & Tutiasri, R. P. (2018). Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial. JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 1(1), 216–224. https://doi.org/10.33005/jkom.v1i1.5

Husniah, W. O., Safaria, R., Ulfa, M., & Rahmah, S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Short Movie Impian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(1), 159-167.Intan, R. (2016). ayanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Peserta Didik Kelas VII N 2 Lampung Selatan. 15–43.

Maulinda, R., & Suyanto. (2017). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial (Instagram). Jurnal Eleronik Unpad, 4(3), 55.

Mutammimah, E., Aliyah, M., Man, N., & Tengah, J. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus. 78–97.

Nasution, Z., Kismet, A., Jati, N., Setia, S., & Sosial, M. (2019). Language Ethics Training for Students in Order To Increase Their Communication Capabilities in. 2(2), 117–128.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Aldy Arya Nesta, & Ria Safaria Sadif. (2024). Meningkatkan Etika berkomunikasi di Media Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau Dengan Bimbingan kelompok Media Audio Visual. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 221–226. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/5711