Menganalisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi
Keywords:
Faktor Minat, Faktor Motivasi, Kesulitan Belajar, Pembelajaran GeografiAbstract
Kegiatan ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kapontori yang berlangsung pada tanggal 25 November sampai selesai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar dalam pembelajaran geografi pada siswa kelas x di SMA Negeri 1 kapontori ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran geografi menunjukkan persentase sebesar 5,7% dalam kategori tinggi menyebabkan kesulitan belajar. Faktor internal meliputi sikap terhadap belajar,motivasi, minat, keehatan, dan cacat tubuh. 2) Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran geografi menunjukkan persentase sebesar 57,6% dalam kategori cukup menyebabkan kesulitan belajar. Faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah