Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture SD Negeri 3 Katobengke
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Picture and PictureAbstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 melalui model pembelajaran picture and picture kelas V SD Negeri 3 Katobengke. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V.a yang berjumlah 23 siswa dengan 12 siswa laki laki dan 11 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data tes tertulis dan non tes observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian melalui model pembelajaran picture and picture terbukti afektif dan berhasil dengan peningkatan hasil belajar siswa yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pada hasil belajar siswa ranah pengetahuan pra tindakan 13,04% meningkat pada siklus 1 60,87% dan siklus II 82,61%. Hasil penilaian observasi sikap siswa siklus I 56,52% dan siklus II 86,96%. Hasil penilaian observasi kemampuan siswa siklus 1 73,91% dan siklus II 91,30%.