Analisis Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar
Keywords:
Analisis Soal, Daya Pembeda, Tingkat KesukaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya pembeda dan tingkat kesukaran soal pilihan ganda pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan program (item and test analysis) ITEMAN siswa kelas V SD Negeri 2 Lamangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan bantuan program ITEMAN. Sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa kelas V SD Negeri 2 Lamangga, serta 20 butir soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 butir Soal Kelas V SD Negeri 2 Lamangga memiliki daya pembeda 11 butir soal cukup (55%) dan 9 butir soal baik (45%). Tingkat kesukaran ditemukan bahwa dari 20 butir soal terdapat 12 butir soal sukar (60%), 7 butir soal sedang (35%) dan 1 butir soal mudah (5%). Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik soal pilihan ganda pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 2 Lamangga. Temuan ini memberikan gambaran tentang kualitas soal dalam mengukur pemahaman dan kemampuan siswa dalam berbagai tingkatan kesulitan.