Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual Kelas III Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, KontekstualAbstract
Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini berjumlah 27 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 3 Talaga Raya pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 64,44 presentase ketuntasan klasikal sebanyak 10 siswa yang tuntas atau 37,03% dan yang belum tuntas sebanyak 17 siswa atau 62,96%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 74,81 presentase ketuntasan klasikal mencapai 19 siswa yang tuntas atau 70,37% dan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 29,62%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 90,74 dengan presentase ketuntasan klasikal siswa yang tuntas 25 atau 92,59% dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 7,40%. Bersadarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 3 Talaga Raya.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-04-01
Issue
Section
Articles