Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Animasi pada Pembelajaran IPA Kelas VI Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, AnimasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media animasi pada mata pembelajaran IPA kelas VI SD Negeri 1 Watiginanda. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Negeri 1 Watiginanda dengan jumlah siswa 21 siswa, laki-laki 11 dan perempuan 10. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi, evaluasi, refleksi pada setiap tindakan tes awal dari 21 siswa, yang mendapat nilai < 65 sebanyak 14 siswa dan siswa yang mendapat nilai >65 sebanyak 7 siswa dengan nilai rata-rata 56. Sedangkan hasil pada siklus I, siswa yang mendapat nilai <65 sebanyak 7 siswa dan siswa yang mendapat >65 sebanyak 14 siswa dengan nilai rata-rata 66. Sedangkan pada siklus II siswa mendapat nilai <65 sebanyak 0 siswa dan siswa yang mendapat nilai >65 sebanyak 21 siswa dengan rata-rata 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VI SD Negeri Watiginanda. Dengan demikian, media animasi dapat dijadikan salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemajuan pendidikan dunia.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-04-01
Issue
Section
Articles