Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Metode SQ3R Di Kelas IV SD Negeri 40 Buton

Authors

  • Marsinta Universitas Muhammadiyah Buton
  • Tarno Tarno Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurmin Aminu Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kemampuan Membaca, Pemahaman, Metode SQ3R

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IV SD Negeri 40 Buton. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara dua siklus diamana pada siklus I terdapat dua kali pertemuan dan pada siklus II juga terdapat dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 40 Buton yang berjumlah 16 orang siswa. Objek penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajararan bahasa indonesia menggunakan metode SQ3R. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 40 Buton dapat dilihat pada pra siklus siswa hanya memperoleh nilai rata-rata 62,18 dengan presentase ketuntasan 37,5%, sedangkan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,75 dengan presentase ketuntasan 68,7%, dan pada siklus II memperoleh rata-rata 81,5 dengan presentase 93,7%. Berdasarkan hasil tersebut dimana pada siklus II telah mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75%, oleh sebab itu maka penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01