Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Tari pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Pengaruh, Media Audio Visual, Pemahaman, Gerak TariAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pemahaman konsep gerak tari peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bendanpete dalam menari tari kreasi cublak-cublak suweng. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Bendanpete Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan design one grup pretest- posttest dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Bendanpete tahun pelajaran 2023/2024 subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 11 orang diantaranya 6 laki-laki dan V perempuan, penelitian ini berlangsung selama 2 kali pertemuan. Hasil observasi menunjukan bahwa terdapat peningkatan nilai pada mata pelajaran SBDP terkhusus seni tari setelah dilakukan penerapan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bendanpete. Dari data hasil pre-test dan post-test didapati rata-rata nilai pretest siswa sebesar 53,8 dan nilai posttest sebesar 86,6 dan berdasarkan uji t-test didapatkan nilai hasil signifikasi <0,005. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil nilai baik sebelum maupun sesudah dilakukan penerapan media audio visual.