Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Penerapan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas I SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan
Keywords:
Keterampilan Menulis, Puisi, Mind MappingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan metode Mind Mapping pada siswa kelas IVa SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang diciptakan Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2)Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan sebanyak 18 orang siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Keterampilan menulis puisi siswa dengan penerapan metode Mind Mapping mengalami peningkatan setiap siklusnya, dilihat dari siklus I siswa yang tuntas mencapai 9 siswa dengan ketuntasan klasikal 65,28% dengan kategori baik dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 16 siswa dengan ketuntasan klasikal 75,17% masih dengan kategori baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi