Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Penerapan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas I SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan

Authors

  • Nadya Ulan Wirasti Universitas Muhammmadiyah Buton
  • Faslia Faslia

Keywords:

Keterampilan Menulis, Puisi, Mind Mapping

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan metode Mind Mapping pada siswa kelas IVa SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang diciptakan Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2)Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan sebanyak 18 orang siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Keterampilan menulis puisi siswa dengan penerapan metode Mind Mapping mengalami peningkatan setiap siklusnya, dilihat dari siklus I siswa yang tuntas mencapai 9 siswa dengan ketuntasan klasikal 65,28% dengan kategori baik dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 16 siswa dengan ketuntasan klasikal 75,17% masih dengan kategori baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Faslia Faslia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan metode Mind Mapping pada siswa kelas IVa SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang diciptakan Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2)Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa SD Negeri 2 Laompo Kabupaten Buton Selatan sebanyak 18 orang siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Keterampilan menulis puisi siswa dengan penerapan metode Mind Mapping mengalami peningkatan setiap siklusnya, dilihat dari siklus I siswa yang tuntas mencapai 9 siswa dengan ketuntasan klasikal 65,28% dengan kategori baik dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 16 siswa dengan ketuntasan klasikal 75,17% masih dengan kategori baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi

Downloads

Published

2024-04-01