Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPkn Menggunakan Media Audio Visual SD Negeri 2 Bataraguru

Authors

  • Iin Wulandari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Gawise Gawise

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Audio Visual

Abstract

Iin Wulandari,(031901182). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Menggunakan Media Audio Visual SDN 2 Bataraguru”. Tujuan peneltian ini adalah untuk menegtahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran ppkn materi identifikasi keragaman budaya di lingkungan sekitar melalui media vidio animasi di kelas IV SDN 2 Bataraguru  Kota Baubau. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat komponen tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dalam suatu spiral yang saling terkait. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri empat komponen tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi dalam suatu spiral yang saling terkait. Hasil belajar siswa yang meningkat dapat di lihat pada nilai yang di peroleh siswa pada prasiklus, siklus I hingga siklus II. Di ketahui pada prasiklus presentasi ketuntasan belajar adalah 69,1% lalu mengalami peningkatan di siklus I sebesar 69,5% dan terjadi lagi peningkatan di siklus II sebesar 87% melihat dari presentasi tersebut peneliti telah melampaui ketetapan ketuntasan belajar sekolahDan untuk melihat respon dan kreaktifan siswa dapat di lihat dari hasil observasi yang di ketahui pada siklus I mencapai 72% dan mengalami peningkatan pada siklus II hingga 94% sehingga dapat di simpulkaan bahwa penggunaan media audio visual atau vidio animasi dalam materi identifikasi keragaman budaya dilingkungan sekitar dapat meningkatkan respon, keaktifat serta hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iin Wulandari, Universitas Muhammadiyah Buton

Iin Wulandari,(031901182). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Menggunakan Media Audio Visual <em>SD</em><em>N</em><em> 2 Bataraguru</em>”. Tujuan peneltian ini adalah untuk menegtahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran ppkn materi identifikasi keragaman budaya di lingkungan sekitar melalui media vidio animasi di kelas IV <em>SD</em><em>N</em><em> 2 Bataraguru</em>  Kota Baubau. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat komponen tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dalam suatu spiral yang saling terkait. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri empat komponen tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi dalam suatu spiral yang saling terkait. Hasil belajar siswa yang meningkat dapat di lihat pada nilai yang di peroleh siswa pada prasiklus, siklus I hingga siklus II. Di ketahui pada prasiklus presentasi ketuntasan belajar adalah 69,1% lalu mengalami peningkatan di siklus I sebesar 69,5% dan terjadi lagi peningkatan di siklus II sebesar 87% melihat dari presentasi tersebut peneliti telah melampaui ketetapan ketuntasan belajar sekolahDan untuk melihat respon dan kreaktifan siswa dapat di lihat dari hasil observasi yang di ketahui pada siklus I mencapai 72% dan mengalami peningkatan pada siklus II hingga 94% sehingga dapat di simpulkaan bahwa penggunaan media audio visual atau vidio animasi dalam materi identifikasi keragaman budaya dilingkungan sekitar dapat meningkatkan respon, keaktifat serta hasil belajar siswa.

Gawise Gawise

Iin Wulandari,(031901182). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Menggunakan Media Audio Visual <em>SD</em><em>N</em><em> 2 Bataraguru</em>”. Tujuan peneltian ini adalah untuk menegtahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran ppkn materi identifikasi keragaman budaya di lingkungan sekitar melalui media vidio animasi di kelas IV <em>SD</em><em>N</em><em> 2 Bataraguru</em>  Kota Baubau. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat komponen tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dalam suatu spiral yang saling terkait. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri empat komponen tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi dalam suatu spiral yang saling terkait. Hasil belajar siswa yang meningkat dapat di lihat pada nilai yang di peroleh siswa pada prasiklus, siklus I hingga siklus II. Di ketahui pada prasiklus presentasi ketuntasan belajar adalah 69,1% lalu mengalami peningkatan di siklus I sebesar 69,5% dan terjadi lagi peningkatan di siklus II sebesar 87% melihat dari presentasi tersebut peneliti telah melampaui ketetapan ketuntasan belajar sekolahDan untuk melihat respon dan kreaktifan siswa dapat di lihat dari hasil observasi yang di ketahui pada siklus I mencapai 72% dan mengalami peningkatan pada siklus II hingga 94% sehingga dapat di simpulkaan bahwa penggunaan media audio visual atau vidio animasi dalam materi identifikasi keragaman budaya dilingkungan sekitar dapat meningkatkan respon, keaktifat serta hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-04-01