Pengaruh Pemberian Reward (Hadiah) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Wa Ode Rahayu Mustika UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Samritin Samritin

Keywords:

Reward, Minat Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor tersebut adalah kurangnya perhatian guru untuk memberikan reward atau penghargaan terhadap usaha yang dilakukan oleh siswanya. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan memberikan reward sebagai tanda guru menghargai usaha-usaha yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward (hadiah) terhadap minat belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri 1, 2 dan 4 Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis statistik deskripti dan inferensial. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji persyaratan dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis uji T ditemukan nilai signifikansi (Sig) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima menolak H0. Artinya “Ada Pengaruh yang Signifikan antara Pemberian Reward (Hadiah) terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah”. Adanya pengaruh postifif dan signifikan pemberian reward terhadap minat belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Kecamatan Talaga raya. Hal ini dapat dinyatakan bahwa semakin sering siswa mendapatkan hadiah atau penghargaan maka semakin meningkat pula minat belajar siswa. Dengan adanya reward maka dapat menjadi acuan motivasi siswa untuk meningkatkan diri dalam belajar sehingga tujuan dan capaian hasil belajar dapat dimaksimalkan. Hasil koefisien determinasi R square mengindikasikan bahwa besaran pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar siswa kelas tinggi di sekolah dasar kecamatan talaga raya kabupaten buton tengah adalah sebesar 0,450 yang jika dipresentasekan yaitu  45%. Sedangkan sisanya terdapat 55% faktor-faktor lain yang di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model regresi linear ini dan tidak diteliti oleh peneliti

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Samritin Samritin

Rendahnya minat belajar siswa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor tersebut adalah kurangnya perhatian guru untuk memberikan <em>reward </em>atau penghargaan terhadap usaha yang dilakukan oleh siswanya. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan memberikan <em>reward </em>sebagai tanda guru menghargai usaha-usaha yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian <em>reward </em>(hadiah) terhadap minat belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri 1, 2 dan 4 Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis statistik deskripti dan inferensial. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji persyaratan dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis uji T ditemukan nilai signifikansi (Sig) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima menolak H0. Artinya “Ada Pengaruh yang Signifikan antara Pemberian Reward (<em>Hadiah</em>) terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah”. Adanya pengaruh postifif dan signifikan pemberian reward terhadap minat belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Kecamatan Talaga raya. Hal ini dapat dinyatakan bahwa semakin sering siswa mendapatkan hadiah atau penghargaan maka semakin meningkat pula minat belajar siswa. Dengan adanya reward maka dapat menjadi acuan motivasi siswa untuk meningkatkan diri dalam belajar sehingga tujuan dan capaian hasil belajar dapat dimaksimalkan. Hasil koefisien determinasi R square mengindikasikan bahwa besaran pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar siswa kelas tinggi di sekolah dasar kecamatan talaga raya kabupaten buton tengah adalah sebesar 0,450 yang jika dipresentasekan yaitu  45%. Sedangkan sisanya terdapat 55% faktor-faktor lain yang di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model regresi linear ini dan tidak diteliti oleh peneliti

Downloads

Published

2024-04-01