Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Environmental Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Berbasis LingkunganAbstract
Penelitian ini melatar belakangi bahwa siswa masih kurang efektif, kurang berminat belajar, lebih suka bermain, dan kurang terlibat dalam kegiatan proses pembelajaran IPA dan IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis lingkungan (environmental learning) pembelajaran IPA hubungan antara struktur bagian tumbuhan dan fungsinya kelas IV SD Negeri 2 bataraguru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas IV SD Negeri 2 Bataraguru yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumen. Teknik analisis data yang gunakan bersifat kuantiatif. Berdasarkan data observasi yang diperoleh pada pra siklus ada 5 siswa yang tuntas atau 21,73% dan tidak tutas sebanyak 18 siswa 78,26%. Pada siklus I siswa tuntas sebanyak 15 siswa atau 65,21% dan siswa tidak tuntas sebanyak 8 siswa 34,78%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 82,60% dan siswa tidak tuntas ada 4 siswa 17,30%. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan (environmental learning) pembelajaran IPA hubungan antara struktur bagian tumbuhan dan fungsinya kelas IV SD Negeri 2 Bataraguru.